Iklan
Iklan

Peringkat Timnas Indonesia Paling Rendah dari Seluruh Peserta Piala Asia 2023

- Advertisement -
Peringkat Timnas Indonesia kini berada di peringkat 149 FIFA dan merupakan tim yang memiliki peringkat terendah dari seluruh peserta Piala Asia 2023.

Berbeda dengan peringkat Timnas Indonesia, Malaysia justru berada pada pereingkat lebih tinggi dari Indonesia yaitu 138, sedangkan Thailand berada di peringkat 114

Apalagi menurut pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong bahwa tim asuhannya berada di grup yang tidak mudah di Piala Asia 2023. Menurut dia, peluang Indonesia lolos ke fase gugur hanya 50 persen.

“Tentu grup kami tidak mudah. Menurut saya peluang untuk lolos ke babak knockout sekitar 50 persen, tapi saya memiliki keyakinan tinggi dengan tim saya,” ujar Shin Tae-yong, Jumat, 12 Mei 2023.

Undian Piala Asia 2023 telah digelar di Doha, Qatar pada Kamis, 11 Mei 2023. Hasilnya, timnas Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, Vietnam, dan Irak.

Shin Tae-yong melihat ada sisi keuntungan tersendiri dengan Indonesia berada satu grup dengan Vietnam dan Jepang. Sama-sama berasal dari Asia Tenggara, skuad Garuda sudah sering menghadapi Vietnam.

Ketua PSSI Erick Thohir, pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dan Presiden FIFA Gianni Infantino saat pengundian Piala Asia 2023. Doc. PSSI.

Indonesia sudah 27 kali berjumpa dengan Vietnam di semua kompetisi sejak 1991, termasuk Piala AFF, SEA Games, hingga kualifikasi Piala Dunia. Sedangkan, timnas Jepang, adalah kesebelasan yang kerap dihadapi Shin Tae-yong saat menukangi timnas Korea Selatan.

“Jadi, selama kami bisa mempersiapkannya dengan baik, saya yakin kami bisa memberi perlawanan terhadap mereka,” ucapnya.

Shin Tae-yong mengatakan, dengan situasi tersebut, setiap pertandingan akan penuh dengan tantangan. Untuk itu, dia bakal memberikan motivasi lebih kepada para pemain agar dapat menampilkan permainan terbaiknya di setiap laga.

Walau Indonesia adalah tim dengan peringkat FIFA terendah, Shin Tae-yong akan terus memberikan motivasi positif kepada para pemainnya.

“Kami tim dengan peringkat terendah dari semua kontestan. Walau begitu, setiap laga nanti akan sangat menantang. Kami akan berjuang hingga akhir. Saya akan menjaga para pemain agar tetap termotivasi, sehingga mereka bisa memberikan yang terbaik di setiap laga,” tutupnya.

Kick off Piala Asia 2023 ini akan berlangsung tanggal 12 Januari 2024.

Pembagian Grup Piala Asia Qatar 2023 

Grup A: Qatar, Tiongkok, Tajikistan, Lebanon

Grup B: Australia, Uzbekistan, Syiria, India

Grup C: Iran, Uni Emirat Arab, Hong Kong, Palestina

Grup D: Jepang, Indonesia, Irak, Vietnam

Grup E: Korea Selatan, Malaysia, Yordania, Bahrain

Grup F: Saudi Arabia, Thailand, Kyrgistan, Oman

Piala Asia 2023 akan berlangsung di Qatar pada 10 Januari sampai 12 Februari 2024. Timnas Indonesia telah empat kali ikut serta dalam kompetisi tersebut pada edisi 1996, 2000, 2004, dan 2007. Namun, tim Merah Putih belum pernah lolos dari fase grup.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA