Pesisir Selatan Kembali Dilanda Banjir

pesisir selatan,banjir
Tidak sudah-sudah, banjir kembali melanda dua nagari di Kecamatan RanahAmpek Hulu (Rahul) Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel). Sabtu (15/5/2021) pukul 15.00 WIB banjir kembali terjang pemukiman warga.

Banjir terjadi sore tadi akibat derasnya hujan di hulu sungai Batang Tapan. Menyebabkan meluapnya sungai Batang Tapan sehingga mengakibatkan banjir.

Berdasarkan informasi dihimpun di lapangan, air luapan sungai batang tapan hingga setinggi kurang lebih 1 meter hingga 50 cm. Hingga mengakibatkan beberapa fasilitas umum, seperti SD, TK Paud dan Pukesri ikut tergenang air.

Aldasman (35 tahun), warga Nagari Binjai, mengatakan akibat hujan di hulu mengakibatkan meluapnya sungai Batang Tapan.

“Karena derasnya hujan di hulu sungai batang Tapan, menyebabkan meluapnya sungai batang Tapan sehingga mengakibatkan banjir di Nagari Binjai dan Nagari Kampung Tangah,” katanya.

Ia menuturkan kalau air naik kepemukiman warga sekitar pukul 16.00 Wib. Kedalaman air berkisar antara setengah sampai dengan 1 meter. “Tim dari BPBD Tapan telah turun, dibantu anggota Polsek Tapan dan Bhabinsa. Kalau dari Painan belum ada sampai sekarang,” ujar Aldasman saat dihubungi.

Ujarnya lebih lanjut,  kurang lebih 800 Kepala Keluarga ( KK)  ada di dua Nagari Binjai dan Nagari Kampung Tangah, Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan tergenang air luapan sungai batang Tapan.

Dan, sekarang air sudah mulai surut, warga sudah mulai membersihkan material lumpur terbawah arus sungai kedalam rumah.

“Warga disini berharap ada perhatian serius lagi dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Kabupaten Pesisir Selatan, juga pusat untuk segera  dilakukan normalisasi sungai ataupun pembangunan tanggul,” ucap Aldasman.

Perasaan takut dan was – was akan banjir susulan lebih besar menjadi momok warga disini, karena sewaktu – waktu banjir bisa terjadi.(Kay)

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments