Iklan
Iklan

Reza Indragiri: Aksi Koboi Pengemudi Fortuner Acungkan Pistol Layak Disebut Teroris

- Advertisement -
Ahli Psikologi Forensik Reza Indragiri ikut menanggapi aksi koboi pengemudi Toyota Fortuner bernomor polisi B 1673 SJV yang mengacungkan pistol saat terlibat cekcok dengan sejumlah pengguna jalan di Duren Sawit, Jakarta Timur pada Jumat (2/4) dini hari.

Reza mengaku tidak habis pikir dengan kelakuan aksi koboi yang dilakukan seorang pria berinisial MFA itu. Reza mengatakan, tidak ada yang bisa dibanggakan dari peristiwa itu.

“Pengemudi yang tenteng-tenteng senjata di tempat umum pasti disebut koboi jalanan, padahal apa hebatnya? Kampungan iya, bahaya iya, egois iya dan semua sebutan jelek sebetulnya bisa dikenakan pada orang-orang yang norak itu,” ujar Reza.

Namun, Reza menilai istilah koboi jalanan tidak pantas disematkan kepada pengemudi itu. Sebab ia menilai masih banyak aksi koboi yang baik seperti John Wayne hingga Ranger.

“Jadi sebutan koboi semakin tidak layak untuk dikenakan kepada orang-orang yang berperilaku seperti bandit itu,” ungkap Reza.

Reza melakukan identifikasi itu memberikan lima pemicu mengapa masih banyak orang seenaknya menodong senjata di tempat umum. “Pertama, boleh jadi siempunya punya perasaan rendah diri, minder cemas, kesulitan bersosialisasi atau problem-problem psikis lain,” ujar Reza.

“Kedua, barang kali pemilik senjata haus dahaga perasaan perkasa ia ingin tampak powerful, kemungkinan lain cenderung impulsif dan punya pengendalian amarah buruk,” imbuhnya.

Yang keempat, Reza menilai bisa jadi pemegang senjata sedang di bawah pengaruh narkoba atau miras. Terkahir kelima, ia menduga bisa jadi orang itu mempunyai ideologi sayap kanan.

“Kelima, siempunya main todong dengan cara kampungan karena punya ideologi sayap kanan,” ujarnya.

Reza mengatakan, apabila benar pengemudi Fortuner itu mempunyai ideologi sayap kanan, maka sudah selayaknya ia disebut sebagai teroris.

“Kalau sudah sampai ideologi, ini bisa jadi teroris, jadi ayo kita cek per kasus individu faktor mana yang relevan kalau dikaitkan,” ujarnya.

Bedasarkan keterangan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, pengemudi mobil yang melakukan aksi koboi itu berinisial MFA. Ia merupakan seorang wiraswasta.

Sebelumnya, MFA mengacungkan senjatanya usai menabrak seorang pengendara motor di Jalan Kolonel Sugiono, Duren Sawit, Jakarta Timur, dini hari tadi. Usai menabrak dia dihampiri oleh sejumlah warga dan ojol agar berhenti dan tanggung jawab.

“Yang terjadi setelah itu yang bersangkutan dari dalam mobil marah-marah dan keluarkan senjata api,” ujar Yusri.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA