Seorang Pendaki Jatuh di Cadas Gunung Merapi

pendaki
Ilustrasi
Pendaki asal Padang jatuh dari cadas Gunung Merapi di Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat. Korban berhasil diselamatkan tim SAR gabungan namun mengalami luka berat pada bagian kepala akibat benturan. Informasi diperoleh, pendaki tersebut bernama Fajar.

Dia jatuh setelah terpeleset di cadas yang kondisi rute jalan licin akibat baru diguyur hujan. Tim SAR mendapatkan informasi kejadian pada Jumat (3/9/2021) pukul 20.00 WIB.

Korban diketahui naik Gunung Marapi bersama tujuh rekannya. Dugaan sementara, mereka masuk melalui jalan tikus sebab jalur resmi sementara ditutup.

Selanjutnya anggota Basarnas, PMI, Pramuka Peduli dan relawan berupaya mengevaluasi pendaki gunung yang jatuh tersebut. Mereka mengalami sedikit kendala karena terjalnya medan ke lokasi.

Robby Saputra mengatakan, karena cadas yang licin dan cuaca yang tidak bersahabat rombongan pendaki ini tetap nekat naik. Saat di cadas, korban terpeleset lalu terjatuh di punggungan cadas.

Puluhan Pendaki Terjebak di Gunung Butak Malang, Korban Kedinginan dan Kelaparan Rekan-rekannya tidak bisa berbuat banyak karena minim pengalaman dan peralatan. Mereka akhirnya menghubungi posko untuk evakuasi.

“Kondisi cadas licin dan gelap sehingga SAR gabungan sempat mengalami kendala untuk mengevaluasi korban yang luka cukup parah. Posisi korban ketika itu juga tersangkut di dinding cadas,” jelasnya, Sabtu (4/9/2021).

Evakuasi korban untuk turun gunung baru bisa dilakukan pada Sabtu pagi hingga siang. Setelah dievakuasi, korban kemudian dibawa ke RSUD Padang Panjang untuk mendapat kan perawatan.(Kay)

 

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments