Beranda DAERAH KABUPATEN PASAMAN BARAT Sungai Meluap, 2 Jembatan di Pasaman Barat Putus

Sungai Meluap, 2 Jembatan di Pasaman Barat Putus

Sungai Meluap, Jembatan Pasaman Barat
Akibat meluapnya Sungai Batang Lampang mengakibatkan dua jembatan di Kampuang Karambia Kajai, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat putus pada Sabtu malam (12/3).

“Air Sungai Batang Lampang naik pada malam tadi dengan membawa material kayu dan batu. Akibatnya dua jembatan putus,” ungkap Pj Wali Nagari Kajai Ramadani, Minggu (13/3).

Menurutnya curah hujan yang tinggi sejak Sabtu sore membuat sejumlah aliran sungai naik termasuk Sungai Batang Lampang.

“Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu namun dua jembatan hanyut,” ujarnya.

Salah seorang warga Hendi (38) tahun menerangkan dua jembatan yang putus itu merupakan penghubung ke objek wisata air terjun Sarasah Kajai dan menuju areal perkebunan kopi dan persawahan masyarakat.

Menurutnya jembatan yang satu memiliki panjang sekitar 20 meter dengan lebar empat meter dan satu jembatan lagi memiliki panjang 15 meter dengan lebar 2,5 meter.

“Hanyutnya dua jembatan ini membuat akses masyarakat juga ikut terputus ke areal perkebunan masyarakat,” terangnya.

Ia mengatakan meluapnya Sungai Batang Lampang Kajai dipicu oleh hujan lebat pada Sabtu sore.

Namun, yang membuat masyarakat khawatir adalah air yang membesar itu keruh dan berlumpur serta membawa material kayu bekas longsoran.

“Masyarakat sangat khawatir dengan kejadian semalam. Apalagi setelah gempa beberapa waktu lalu air sungai keruh dan dikhawatirkan ada banjir bandang,” ujarnya.

Ia berharap kepada dinas terkait agar dapat segera memperbaiki jembatan yang putus itu. Sebab, dua jembatan itu merupakan akses masyarakat ke areal perkebunan dan persawahan serta ke objek wisata air terjun Sarasah Kajai.

Sementara itu Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman Barat, Azhar mengingatkan kepada masyarakat yang berdomisili di dekat Sungai Batang Lampang agar mewaspadai banjir bandang.

BACA JUGA  Nelayan di Pessel Temukan Jasad Seorang Pria Mengambang Dilaut

“Curah hujan masih tinggi dan dihimbau kepada masyarakat agar selalu meningkatkan kewaspadaan,” tegasnya. (Kay)

Iklan
Artikulli paraprakKasus Covid-19 di Lampung Meningkat, 9 Orang Dilaporkan Meninggal
Artikulli tjetërPolres Pasaman Barat Ringkus 2 Pengedar Sabu