Beranda GAYA HIDUP 10 Tips Buat Foto Makanan Jadi Lebih Instagramable

10 Tips Buat Foto Makanan Jadi Lebih Instagramable

foto makanan instagramable
Sumber: https://pixabay.com/images/id-6060726/
Foto menjadi salah satu hal yang cukup menarik perhatian banyak orang terutama di zaman sekarang, yang sudah sangat umum semua orang berbagi kegiatan di sosial media. Melihat peran sosial media yang semakin berkembang, tentu dapat menjadi salah satu sarana penting untuk promosi atau sekedar berbagi keseruan sehari-hari.

Beberapa bisnis bahkan menggunakan media sosial seperti Instagram untuk memperlihatkan produk yang akan dijual. Hal ini tentu membuat Anda ingin memberikan hasil jepretan terbaik atau biasa disebut Instagramable, seperti foto produk makanan ketika Anda sedang nongkrong atau sekedar berbincang di salah satu cafe atau tempat makan. Nahh, oleh karena itu Anda perlu sekali mengetahui Cara foto produk makanan seperti apa agar Anda mendapatkan hasil foto yang menarik, memuaskan, dan tentunya Instagramable.

Manfaat Gambar yang Instagramable

Ketika Anda mampu membuat foto atau gambar hasil jepretan Anda nampak Instagramable, tentu hal itu memiliki kesan tersendiri bagi penonton atau teman sosial media Anda. Selain kualitas gambar yang bagus, kesan yang diberikan pun akan tampak lebih menarik bagi pengguna Instagram sehingga mereka akan lebih penasaran terhadap produk hasil jepretan Anda. Otomatis hal ini akan meningkatkan performa bisnis terutama penjualan produk.

Beberapa calon konsumen seringkali menjadikan foto produk di media sosial sebagai salah satu acuan untuk menentukan kualitas dari sebuah produk makanan. Foto yang Instagramable akan berdampak positif bagi bisnis dan menarik calon konsumen lebih banyak.

Manfaat tersebut bisa Anda dapatkan jika Anda menggunakan cara atau tips yang tepat dalam mengambil sebuah gambar produk makanan. Cara foto produk makanan kemasan maupun non kemasan pada dasarnya tetap sama yaitu tetap memperhatikan berbagai unsur foto yang berkualitas dan proporsional.

BACA JUGA  Sudah Menikah Ternyata Masih Suka Menggoda Lawan Jenis, Apa Penyebabnya?

Instagram

10 Tips Foto Makanan Instagramable dari HP

Pada ulasan sebelumnya sudah dijelaskan jika sebuah gambar atau foto yang Instagramable pada dasarnya memiliki kualitas yang sangat baik dan mampu menarik calon konsumen. Untuk mewujudkan hal ini dibutuhkan beberapa tips yang cukup efektif dan memberikan hasil yang maksimal.

Berikut ini tips yang bisa Anda gunakan saat pengambilan gambar produk makanan dengan hasil yang lebih maksimal dan kualitas.

  1. Gunakan Pencahayaan Alami

Tips ini cukup efektif untuk Anda gunakan meskipun alat yang digunakan hanya smartphone. Cara foto makanan dengan kamera HP pada dasarnya cukup mudah meskipun membutuhkan trik khusus. Anda bisa mengandalkan cahaya alami yang pas agar objek bisa tetap fokus.

  1. Hindari Sinar Matahari Secara Langsung

Meskipun cahaya matahari dapat dijadikan cahaya alami untuk hasil foto yang Instagramable namun Anda tidak bisa mengambil gambar di bawah sinar matahari secara langsung. Untuk jenis objek makanan seperti ini hasilnya akan terlihat lebih kasar dan menimbulkan bayangan. Anda bisa mengambil gambar di dalam ruangan yang memiliki pencahayaan cukup baik.

  1. Mengatur Komposisi Gambar

Mengatur komposisi gambar yang akan diambil bisa menjadi salah satu cara foto produk makanan yang akan menghasilkan gambar berkualitas dan Instagramable. Anda harus menyempatkan untuk mengatur makanan yang akan difoto. Produknya tidak perlu harus selalu utuh namun bisa dipotong atau diaduk terlebih dahulu. Kunci dasarnya, terlihat estetik dan mampu menarik konsumen tergiur dengan produk yang di foto.

  1. Pilih Angle yang Tepat

Anda tidak harus terpaku pada satu posisi atau angle saja. Anda bisa menggunakan beberapa angle seperti dari atas, samping, atau memainkan berbagai sudut kemiringan. Dalam hal ini Anda diharuskan untuk tetap memperhatikan detail disekitarnya agar gambar menjadi lebih indah.

BACA JUGA  4 Manfaat Kandungan Ceramide Dalam Produk Skincare

instagram facebook

  1. Gunakan Device yang Mendukung

Saat ini Anda bisa menemukan berbagai jenis produk smartphone yang sudah dibekali dengan kamera yang sangat canggih. Anda bisa menggunakan hp oppo terbaru seperti Oppo Reno Series dengan spesifikasi kamera yang berkualitas. Bahkan hasil fotonyanya tidak kalah dengan hasil foto kamera digital, asal dapat mengoperasikannya dengan baik maka hasil foto yang Instagramable bisa didapatkan hanya dengan memanfaatkan smartphone kesayangan Anda.

  1. Gunakan Grid Kamera

Grid pada kamera ponsel dapat menentukan komposisi foto salah satunya dengan menggunakan aturan 1 : 3. Objek bisa diletakkan pada sepertiga bagian kamera tepatnya di bagian tengah sehingga bisa lebih fokus. Fitur ini bisa Anda gunakan terutama untuk memotret objek dalam posisi mendatar.

  1. Tidak Di-zoom

Kamera ponsel yang Anda gunakan bisa lebih didekatkan pada objek foto agar mendapatkan hasil yang lebih jelas. Jangan sesekali menggunakan zoom pada kamera karena hasilnya tidak akan begitu jelas dan kualitasnya berkurang.

  1. Ambil Beberapa Foto

Untuk mengambil gambar produk makanan baik makanan ringan maupun jenis makanan lainnya Anda tidak cukup mengambil satu gambar saja. Cara foto produk makanan ringan seperti ini bisa membantu Anda untuk memperoleh gambar yang sesuai. Anda bisa memilih beberapa gambar yang dianggap sudah sesuai.

  1. Gunakan Filter

Berikutnya Anda dapat menggunakan filter yang sudah terpasang pada perangkat smartphone yang Anda gunakan. Atau bila perlu Anda juga bisa menggunakan filter pada Instagram yang dapat mendukung hasil foto yang lebih Instagramable. Perhitungkan terlebih dahulu jenis filter yang dipilih agar hasilnya tidak terkesan memaksakan dan menjadi lebih berkualitas.

  1. Gunakan Properti Secukupnya

Terakhir Anda bisa menggunakan properti atau beberapa detail pendukung dari objek yang akan diambil. Misalnya, Anda bisa menggunakan bahan atau bumbu dasar yang digunakan pada produk tersebut. Gunakan properti atau pelengkap lainnya dalam jumlah yang tidak terlalu banyak agar hasilnya lebih elegan namun tetap menarik.

BACA JUGA  Dino Venture Wahana Seru Menjelajah dan Berinteraksi Dengan Dinosaurus.

Beberapa tips tersebut perlu Anda lakukan untuk mendapatkan hasil gambar yang lebih menarik dan Instagramable. Pengambilan gambar bisa menggunakan perangkat smartphone terbaru yang bisa Anda dapatkan melalui aplikasi salah satu marketplace ternama Blibli.com.

Di sana Anda bisa mendapatkan berbagai jenis smartphone dengan spesifikasi kamera terbaik dan harga yang bersahabat. Blibli akan menyediakan produk smartphone yang berkualitas dan dapat diandalkan dengan sistem yang sangat aman.

Pastikan Anda memperhatikan hal tersebut agar hasil pengambilan gambar bisa lebih sesuai. Cara foto produk makanan yang Anda lakukan akan lebih maksimal dengan memperhatikan banyak unsur yang diperlukan seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaKanye West Secara Resmi Ganti Nama Jadi Ye
Artikel berikutnyaGeger, Mayat Gadis Ditemukan Membusuk di Rumah Kosong