Beranda Sulawesi Selatan 100.000 Paket Sembako Bagi Warga Makassar Terdampak COVID-19 Segera Dibagikan Pemko

100.000 Paket Sembako Bagi Warga Makassar Terdampak COVID-19 Segera Dibagikan Pemko

Paket Sembako
100.000 paket sembako akan segera dibagikan oleh Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan, kepada warganya yang terdampak Covid-19 baik secara langsung maupun tidak langsung.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menyampaikan bahwa pihaknya akan menyalurkan 100.000 paket sembako mengikuti arahan pemerintah pusat untuk menjalankan PPKM Level 4 hingga 2 Agustus 2021.

“Kalau saya sih sebelum tanggal 2 (Agustus). Mudah-mudahan setelah tanggal 2, level itu bisa diturunkan,” ujar Danny di Makassar, Selasa (27/7/2021).

Penyerahan bantuan 100.000 paket sembako Bansos ini selama PPKM Level 4Wali Kota Makassar. Syarat untuk menerima bantuan ini yaitu masyarakat di luar penerima KPM (Keluarga Penerima Manfaat) dan PKH (Program Keluarga Harapan).

Untuk mencegah adanya manipulasi data ataupun pembagian yang tidak tepat sasaran, Danny meminta para camat dan lurah beserta perangkat RT/RW segera mendata warga di wilayahnya sesuai dengan klasifikasi yang telah di tentukan.

“Tadi ada titik kritikal yang saya mesti wanti-wanti yaitu data berdasarkan NIK, GPS keluarga KPM, dan PKH. Ini yang harus ke bawah. Kebetulan juga ini hal yang baru melibatkan RT/RW karena selama ini PKH dan KPM tidak melibatkan RT/RW,” ujar Danny.

Pemerintah Kota Makassar kata Danny mengklasifikasikan kelompok penerima paket bansos menjadi dua yaitu kelompok terdampak langsung dan tidak langsung.

“Jelas sekali dalam aturan. Pertama, warga yang masuk dalam zona merah. Berarti seluruh Kota Makassar itu. Tapi kan tidak semua kita bisa kasih. Maka kita urutkan. Kemudian saya tadi membagi dua,” ujar Danny.

Danny juga menjelaskan kelompok terdampak langsung termasuk warga yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK). Lalu, warga yang salah satu atau kedua orang tuanya meninggal dunia karena COVID-19. Berikutnya, warga yang sakit dalam satu rumah.

BACA JUGA  Aksi Bejat 2 Pelaku Perkosaan Mahasiswi di Sulsel, Pelaku Ancam Sebarkan Video Asusila Korban

“Yang berdampak tidak langsung yaitu dia susah hidupnya gara-gara tidak bisa keluar rumah sehingga itu diharuskan. Kemudian yang tidak mampu setiap RT. Tidak menerima PKH dan tidak sebagai KPM,” katanya.

Paket sembako ini nantinya akan disalurkan oleh Satgas Raika dan Satgas Detektor ke wilayah pemukiman warga yang telah didata. Selain membagikan paket bansos, tim Detektor juga akan menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan yang ketat, guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

“Penyalurannya by name by address. Didatangi rumahnya dan tidak dobel dengan PKH,” kata Danny.

Masing masing RT akan mendapatkan 20 Paket bansos dari total 5.000 RT yang ada di Makassar.

“Yang lain tuntas data-datanya, kemudian mempersiapkan tim untuk membagikan 100.000 ini dengan sistem transportasinya lengkap per-SKPD. Semua pemerintah kota akan saya maksimalkan untuk penyaluran bantuan sosial,” pungkas Danny.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaDirut RSUP M Djamil Padang Tantang Warga Sumbar yang Tak Percaya COVID-19 Silahkan Datang
Artikel berikutnyaHotman Paris: Akidi Tio Sumbangkan Rp 2 Triliun untuk COVID-19 Lebih Dermawan Dari pada Bill Gates