Beranda DAERAH 2.000 Guru Honorer di Makassar Belum Terima Gaji Selama 2 Bulan

2.000 Guru Honorer di Makassar Belum Terima Gaji Selama 2 Bulan

Guru Honorer
ILLUSTRASI
Sejumlah guru honorer menyampaikan kondisi yang mereka alami unjuk rasa di Kantor Dinas Pendidikan Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (5/5/2021). Para guru ini menuntut pembayaran gaji selama 2 bulan belum mereka terima.

Salah satu guru honorer bernama Ardi yang juga koordinator dalam aksi tersebut mengatakan gaji mereka belum dibayarkan selama dua bulan terakhir. “Gaji yang belum keluar dua bulan, Maret sama April,” ujarnya.

Hingga kini, terdapat sekitar 1.600 orang guru honorer di bawah naungan Disdik Makassar yang belum terima gaji selama dua bulan. Kata Ardi, untuk itu mereka sangat berharap supaya gaji tersebut segera dibayarkan.

“Katanya lagi diusahakan, karena prosesnya kan memang panjang. Memang ada sedikit kendala tapi diusahakan,” jelas Ardi.

Sementara, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengaku telah memerintahkan dinas terkait untuk menyiapkan uang gaji bagi guru honorer. Hanya saja, dia menyebut SK penggajian masih bermasalah.

Kata Danny SK penggajian seharusnya ditandatangani sejak Januari 2021 tapi rupanya tidak ditandatangani oleh pejabat sebelumya. Saat itu, dirinya belum menjabat sebagai wali kota.

“Saya dukung itu demo tadi. Dari semalam saya ditelepon. (Saya bilang) demo meko. Kasih keluar mi semua. Selama itu tertib dan (taat) prokes, silakan,” ujar Danny.

Namun, Danny mengaku akan tetap mencari alternatif lain supaya gaji guru honorer itu bisa segera dibayarkan. “Saya bisa suruh bikin di Sekda. Kan Sekda juga sejak Januari, tidak bisa saya campur itu barang. Sekda yang bisa,” ujarnya.

BACA JUGA  Makassar Kini Jadi Pusat Perhatian Nasional, Ada Apa?

Sedangkan, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar Nielma Palamba mengatakan gaji guru honorer sudah dibayarkan bertahap. Sebab anggaran pemerintah tidak cukup membayar gaji seluruh guru sekaligus.

Nielma juga menyebut ada sekitar 2.000 guru honorer di bawah naungan Disdik Makassar sementara anggaran yang ditetapkan sangat terbatas.

Namun, pihaknya akan tetap berupaya agar segera membayarkan gaji guru honorer yang tertunggak. Namun saat ini, pihaknya hanya bisa membayarkan gaji untuk bulan Maret dulu.

“Insyaallah. Karena itu juga diharapkan. Saya sudah tanda tangan untuk gaji bulan Maret,” pungkasnya.

Facebook Comments