Beranda DAERAH 2 Alat Deteksi Dini Tsunami Mulai Dipasang di Kota Menado dan Bitung

2 Alat Deteksi Dini Tsunami Mulai Dipasang di Kota Menado dan Bitung

deteksi dini tsunami
Kota Manado dan Bitung dipasang alat deteksi dini tsunami oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Utara.

“Alat deteksi dini tsunami itu sudah diuji coba,” ujar Kepala Stasiun Geofisika Manado, Tony Agus Wijaya, di Manado, Sabtu, 26 Maret 2022.

Tony mengatakan, uji coba sirine alat deteksi dini tsunami tersebut dilakukan setiap bulan di tanggal 26, pukul 10.00 wita untuk memastikan alat yang dipasang tersebut berfungsi baik.

Dia juga menjelaskan cara kerja alat ini, ketika terjadi gempa yang berpotensi tsunami, BMKG menyampaikan informasi peringatan dini kepala pemerintah daerah atau instansi terkait lainnya seperti BPBD.

“Jadi yang akan memencet tombol sirine peringatan dini tsunami tersebut yaitu pemerintah daerah, ” jelasnya.

Apabila masyarakat mendengarkan bunyi sirine tersebut, diharapkan langsung bergegas meninggalkan pesisir pantai dan mencari tempat aman.

Sirine ini, juga akan menjadi bentuk peringatan bagi masyarakat untuk bersiaga sekaligus mengurangi dampak yang ditimbulkan ketika terjadi tsunami.

Dia menambahkan, sirine tersebut akan berbunyi ketika terjadi gempa berpotensi tsunami yang sumber gempanya berada di laut.

“Syarat berikutnya adalah mekanisme terjadinya pergerakan gempa vertikal, magnitudo di atas 7,0 serta terjadi gempa dangkal di bawah 10 kilometer,” pungkasnya.

Facebook Comments

Artikulli paraprakPresidium Komando Moeldoko Resmi Deklarasi, Ajak Untuk “Follow Me for Moeldoko”
Artikulli tjetër16 Tersangka Teroris Ditangkap Densus 88 di Sumbar