2 Warga Kalimantan Timur Positif Varian Baru COVID-19

- Advertisement -
Dua warga Kalimantan Timur terdeteksi positif varian baru COVID-19, yaitu Orthrus atau sub varian Omicron CH.1.1.

“Pada pertengahan April 2023 ini ada dua sampel kasus positif varian baru yang diperiksa di Laboratorium Universitas Mulawarman Samarinda,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltim dr Jaya Mualimin, di Samarinda, Jumat (28/4/2023).

Namun, terkait dua warga Kalimantan Timur ini terdeteksi positif varian baru COVID-19, Jaya mengimbau kepada masyarakat agar tidak panik.

Varian Orthrus memiliki gejala yang cukup ringan. Paparan varian Orthrus bisa dihindari dengan kembali menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. Karena jenis varian ini cepat menular kepada orang lain.

“Tetap harus menjaga kehati-hatian. Yang batuk dan kontak erat memakai masker, vaksinasi COVID-19 lengkap, dan jangan lupa menjaga stamina tubuh. Olahraga cukup, serta makan dan minum seimbang,” jelasnya.

Jaya juga menerangkan setiap varian dari COVID-19 ini penanganan sebenarnya sama. Tergantung kondisi dari orang yang terkonfirmasi.

Apabila berat maka harus dirawat, namun jika ringan cukup hanya menjalani isolasi mandiri. Per Kamis (27/4/2023), telah terjadi kenaikan 25 orang yang terkonfirmasi COVID-19. Membuat Kota Balikpapan masuk ke dalam zona oranye.

“Semoga di Kaltim ini tidak terjadi lagi lonjakan kasus yang berarti, mari sama- sama mengetatkan protokol kesehatan di lingkungan masing- masing,” ungkapnya.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA