Iklan
Iklan

4 Jurnalis Gaza Ceritakan Saat Mereka Meliput di Tengah Ketakutan

Empat wartawan Palestina di Gaza berbagi pengalaman mereka melaporkan pemboman terbaru Israel terhadap wilayah itu.

- Advertisement -
4 jurnalis Gaza telah berbicara dengan Al Jazeera tentang ketakutan mereka dan kelelahan saat meliput pemboman Israel di Jalur Gaza yang dikepung, namun mereka tetap bertekat untuk melanjutkan pekerjaan mereka.

4 jurnalis ini juga mengungkapkan ketika Israel melancarkan serangan udara ke Gaza setelah Hamas, kelompok Palestina yang menguasai wilayah itu, menembakkan roket ke Israel.

Eskalasi itu menyusul ketegangan yang melonjak selama berminggu-minggu di Yerusalem Timur yang diduduki, dengan pasukan Israel melukai ratusan demonstran dalam tindakan kekerasan di kompleks Masjid Al-Aqsa, sebuah situs yang dihormati oleh Muslim dan Yahudi.

Ketika Israel melewatkan tenggat waktu Hamas untuk menarik pasukannya dari daerah itu, kelompok itu menembakkan beberapa roket ke arah Yerusalem.

Setidaknya 222 orang telah tewas dalam pemboman Israel di Gaza, menurut otoritas kesehatan, termasuk 63 anak-anak. Setidaknya 12 orang tewas dalam serangan roket di Israel, termasuk dua anak-anak.

Serangan Israel di Gaza dengan target bangunan bertingkat tinggi, termasuk blok menara al-Jalaa yang menampung kantor media internasional. Para pendukung kebebasan pers telah mengutuk serangan itu sebagai upaya untuk membungkam para jurnalis.

Israel juga telah menghancurkan gedung kantor al-Jawhara dan al-Shorouk di Kota Gaza, yang menampung lebih dari selusin media internasional dan lokal.

Pada hari Rabu, Yousef Abu Hussein, seorang jurnalis dari stasiun Radio al-Aqsa di Gaza, tewas dalam serangan Israel di rumahnya di lingkungan Sheikh Redwan di Jalur Gaza utara.

Al Jazeera kemudian berbicara kepada empat jurnalis Palestina tentang pengalaman mereka meliput pemboman Gaza.

Ghalia Hamad

Selama pelaporan langsungnya, Ghalia Hamad terus-menerus berhubungan dengan putri-putrinya di rumah, memeriksa kesejahteraan mereka.

“Setiap kali saya mendengar bom, saya merasa panik dan langsung menelepon ke rumah untuk memeriksa keluarga saya,” katanya kepada Al Jazeera.

Jurnalis berusia 30 tahun, yang bekerja sebagai koresponden untuk Al Jazeera Mubasher di Jalur Gaza yang dikepung, memiliki dua anak perempuan, berusia lima setengah tahun.

“Ini adalah perang brutal. Ini adalah pertama kalinya kita mengalami serangan seperti itu dengan keganasan ini. Perang terbaru 2014, dan perang lainnya tahun 2012, 2009 juga sulit, tetapi yang ini yang paling.”

Seperti wartawan lain di lapangan, Hamad tidak berhenti bekerja sejak eskalasi.

“Kita harus berurusan dengan situasi berbahaya di sekitar kita. Kita tidak punya apa-apa untuk melindungi diri kita sendiri. Semua orang adalah target dan di bawah api,” kata Hamad kepada Al Jazeera.

“Saya mencoba melakukan pekerjaan saya tanpa memikirkan bahaya yang mungkin saya hadapi. Kami kehilangan kantor kami yang dibom beberapa hari yang lalu.”

Seperti ibu lainnya, Hamad ingin berada di samping keluarganya, terutama putri-putrinya, untuk meyakinkan mereka selama masa-masa sulit ini, “di mana suara pengeboman terlalu berat dan di mana-mana”.

“Ketika saya mendengar bahwa bom menghantam dekat rumah saya, saya segera menelepon untuk memeriksa,” kata Hamad.

“Meskipun, saya tidak akan pergi. Saya harus terus menyampaikan pesan dan menceritakan apa yang terjadi pada orang-orang.”

Hossam Salem

Jurnalis foto Hossam Salem belum berencana untuk menutupi flare-up terbaru dalam kekerasan. Fotografer itu meninggalkan Gaza ke Turki dua tahun lalu tetapi kembali mengunjungi keluarganya, tiba pada hari yang sama ketika Israel memulai serangan udara di wilayah itu.

“Saya berencana menandai libur Lebaran bersama keluarga. Namun, saya secara mengejutkan disambut oleh serangan berat dan pengeboman pada saat kedatangan saya. Itu adalah kejutan besar bagi saya,” kata fotografer berusia 32 tahun itu.

“Saya bergabung dengan bidang liputan tanpa melihat keluarga saya,” tambahnya.

Salem telah bekerja sebagai fotografer selama lebih dari 10 tahun. Dia meliput tiga perang terbaru di Gaza, serta Great March of Return, serangkaian protes pada 2018.

Jurnalis
[Foto milik Hossam Salem]
Karya Salem telah diterbitkan dalam bahasa Inggris Al Jazeera, New York Times dan beberapa lembaga internasional.

“Pengalaman saya kali ini berbeda. Situasinya sangat sulit. Ada risiko besar pergi ke tempat-tempat yang dibom tanpa mengetahui apakah pemboman telah berhenti atau tidak.

“Serangan udara Israel mempengaruhi segalanya: menara, bangunan perumahan, jalan-jalan, rumah, bahkan kantor kantor berita internasional.

“Saya memiliki banyak ketakutan, terutama keluarga saya, di mana saya mencuri beberapa jam untuk pergi dan melihat mereka dan kembali ke lapangan. Ini adalah pajak pekerjaan kita. Kita harus berurusan dengan bahaya dari setiap serangan Israel.”

Samar Abu Elouf

Samar Abu Elouf bekerja dari pagi hingga sore hari untuk menutupi pembaruan di Gaza. Dia adalah fotografer lepas, mengajukan untuk New York Times dan kantor berita.

“Cakupan ofensif ini jauh lebih sulit daripada waktu-waktu sebelumnya. Pengeboman ada di mana-mana, dan jenis senjata yang digunakan berbeda,” kata fotografer berusia 33 tahun itu.

Seorang ibu dari empat anak, Abu Elouf mengatakan bahwa meninggalkan anak-anaknya adalah “titik lemah”-nya.

“Sangat sulit untuk meninggalkan anak-anak Anda sendirian, sementara mereka sangat takut dengan suara besar pengeboman di sekitar mereka.”

Beberapa hari yang lalu, Abu Elouf dan keluarganya mengevakuasi rumah mereka, setelah sebuah rudal Israel menghantam rumah tetangga mereka.

“Itu adalah saat-saat yang mengerikan. Anak-anak saya menangis dan kami meninggalkan rumah secepat yang kami bisa. Rumahku rusak parah akibat pengeboman itu. Pecahan peluru dari rudal menembus atap,” kata Abu Elouf.

Jurnalis
Samar Abu Elouf mengatakan bahwa kesulitan yang menutupi pemboman Israel terhadap Gaza membuatnya lebih bertekad untuk mengerjakan cerita [Foto milik Samar Abu Elouf]
Samar Abu Elouf mengatakan bahwa kesulitan yang menutupi pemboman Israel terhadap Gaza membuatnya lebih bertekad untuk mengerjakan cerita [Gambar milik Samar Abu Elouf]

Terlepas dari tekanan ini, Abu Elouf mengatakan bahwa kesulitan tidak akan menghentikannya untuk melanjutkan pekerjaannya, dan bahwa mereka meningkatkan tekadnya untuk menutupi cerita.

“Saya mencoba untuk mengatasi situasi dan tetap seaman mungkin,” tambahnya.

“Sangat menyedihkan melihat menara dan bangunan yang kami gunakan untuk bekerja dari dibom. Di setiap tempat kami memiliki kenangan yang tak terlupakan,” kata Abu Elouf.

Rushdi al-Sarraj

Rushdi al-Sarraj, 29 tahun, adalah seorang jurnalis dan pembuat film di perusahaan Ain Media.

“Karya saya tidak hanya melaporkan apa yang terjadi, tetapi menggabungkan antara jurnalisme dengan pembuatan film, yang berfokus pada menceritakan berita, apa yang ada di balik berita,” katanya.

“Saya selalu mencari orang-orang yang selamat dari bawah puing-puing bangunan mereka, mencoba menutupi cerita mereka dalam bingkai cerpen dan film.

“Tugas ini sulit dalam keadaan normal, sehingga Anda dapat membayangkan bekerja di bawah serangan sengit yang tidak membedakan antara seorang jurnalis, warga sipil atau pemimpin militer.”

Mengenai pemboman Israel terhadap bangunan media, al-Sarraj mengatakan Israel bekerja keras “untuk membungkam citra dan suara, dan untuk melarang berita atau informasi apa pun yang memaparkan kejahatannya”.

“Pendudukan Israel membunuh banyak jurnalis Palestina. Rekan saya di perusahaan saya, Yasser Murtaja, tewas dalam protes damai Great March of Return dua tahun lalu, dan sekarang penargetan wartawan terus berlanjut,” katanya.

Jurnalis
Foto milik Rushdi Al-Sarraj

Al-Sarraj mengatakan tugas wartawan di Gaza berbahaya, karena kurangnya alat pelindung seperti helm, yang dilarang memasuki Jalur Gaza di bawah blokade yang terus berlanjut.

“Selalu sulit untuk memisahkan antara perasaan Anda sebagai jurnalis dan sebagai manusia ketika Anda melihat adegan mengerikan darah dan orang-orang di bawah puing-puing,” kata al-Sarraj.

“Keluarga saya tidak berhenti menelepon saya, takut bahwa saya bisa dirugikan. Ini adalah lingkaran tak berujung ketakutan dan kelelahan. Tetapi kita harus terus berbagi pesan kita.”

Source: Aljazeera 

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA