Iklan
Iklan

4,4 Juta Lapangan Kerja Baru pada Tahun 2024 Kini Menjadi Target Menparekraf

- Advertisement -
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf), Sandiaga Uno menargetkan 4,4 lapangan kerja baru pada tahun 2024, dengan cara menaikkan kelas pelaku industri kreatif, pariwisata termasuk UMKM.

Target 4,4 juta lapangan kerja baru ini akan dapat diwujudkan apabila para pelaku usaha termasuk UMKM yang masuk kategori pemain lama dapat meningkatkan kapasitasnya dalam level korporasi.

Sandiaga Uno mengatakan yang harus dilakukan adalah mencari investor.

“Saya ingin UMKM ini tidak jalan di tempat, naik kelas dan tadi berbagi kiat bagaimana usahanya bisa berkembang membuka peluang usaha dan lapangan kerja seluas luasnya. Targetnya 2024, ada 4,4 juta lapangan kerja baru,” ujar Sandiaga Uno usai seminar Genpro dengan tema “Dari UKM Menuju Korporasi” di Kota Bandung, Sabtu (21/1/2023).

“Saya memberi contoh beberapa usaha yang lima tahun yang lalu sekarang sudah mulai besar dan sekarang menawarkan sahamnya,” imbuhnya.

Dia juga menyatakan ada beberapa contoh usaha yang bisa melonjak dan menjadi andalan sekaligus dari sisi fundamentalnya baik. Di antaranya, sektor digitalisasi, sektor Kesehatan dan sektor lingkungan.

“Soal sustainability atau keberlanjutan lingkungan, bisnis ini juga harus bisa berdampak positif kepada lingkungan karena memikirkan net zero strategic kita, bagaimana emisi karbon bisa kita rendahkan,” ujarnya.

Sandiaga Uno juga menyebut Kawasan Bandung Raya masih unggul dibanding daerah lain. Pesaing terdekatnya adalah Yogyakarta.

“Kalau bicara Bandung Raya ya, ini kan leading seluruh nusantara tingkat keterisian hotel, okupansi rate di Bandung dan Yogyakarta ini balap-balapan, dua daerah yang memuncaki dari segi pariwisata yang didorong mayoritas wisatawan nusantara,” ujarnya.

“Berarti peluangnya sangat luar biasa bagi para pelaku ekonomi kreatif, terutama dari segi penyiapan kuliner, fashion, dan juga cenderamata,” imbuhnya.

Potensi peningkatan ini sangat besar karena saat tahun politik, biasanya belanja masyarakat meningkat. Semua itu harus disiapkan dengan baik. Misalnya, untuk produsen baju, bisa diperhatikan mengenai kualitas dan desainnya.

“Dibuat desain yang bagus, warnanya bagus bisa dipakai, bukan hanya saat kegiatan kampanye tapi juga bisa dipakai sehari hari, jadi ini peluang yang baik dan juga ada makanan dan minuman akan meningkat,” tandasnya.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA