Beranda INTERNASIONAL 5.300 Kasus Cacar Monyet Telah Terjadi di Amerika

5.300 Kasus Cacar Monyet Telah Terjadi di Amerika

Cacar Monyet
Organisasi Kesehatan Pan Amerika (PAHO) mengatakan pada hari Rabu (27/7) bahwa hampir 5.300 kasus cacar monyet sejauh ini telah dilaporkan di 18 negara dan wilayah di Amerika, dengan mayoritas di Amerika Serikat, Kanada dan Brasil.

Wakil direktur PAHO Mary Lou Valdez mengatakan pada konferensi pers bahwa hampir semua kasus terus dilaporkan di antara pria yang berhubungan seks dengan pria berusia antara 25 dan 45, tetapi memperingatkan bahwa siapa pun bisa terkena penyakit ini terlepas dari jenis kelamin atau orientasi seksual mereka.

Tidak ada kematian akibat cacar monyet yang dilaporkan di wilayah tersebut hingga saat ini.

Akhir pekan lalu, Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan wabah cacar monyet yang menyebar dengan cepat sebagai darurat kesehatan global, tingkat kewaspadaan tertinggi, dengan lebih dari 18.000 kasus dilaporkan secara global.

Asisten Direktur Sementara PAHO Dr Marcos Espinal mengatakan bahwa sekitar 10 negara di Amerika telah mengatakan bahwa mereka berniat untuk membeli vaksin cacar monyet, tetapi tidak mengungkapkan negara mana.

PAHO juga mengungkapkan bahwa pihaknya sangat antusias  dalam pembicaraan dengan produsen untuk membeli vaksin generasi ketiga melawan penyakit itu dan mengharapkan beberapa pasokan tiba tahun ini, meskipun dalam jumlah terbatas.

“Kami pikir kami akan memiliki vaksin tahun ini,” kata Espinal.

Meski begitu, kepala organisasi unit manajemen bahaya infeksi, Andrea Vicari, mengatakan risiko cacar monyet untuk populasi umum tetap “sangat rendah” dan kampanye vaksinasi massal tidak direkomendasikan saat ini.

Editor: Evan

Facebook Comments

Artikulli paraprakPunggung Mulus Wulan Guritno Terpampang Tanpa Penutup, Netizen Geger
Artikulli tjetërKorban Tewas Akibat Gempa Filipina Berkekuatan 7 SR Capai 8 Orang