Iklan
Iklan

5 Makanan Khas Semarang Terenak dan Bikin Nagih

- Advertisement -
Jika berkunjung ke Ibu Kota Jawa Tengah, ada banyak makanan khas Semarang terenak dan bikin nagih yang harus kamu coba.

Setiap daerah tentu memiliki makanan khas yang populer. Begitu pula dengan Semarang. Makanan khas Semarang adalah nasi ayam Semarang, tahu gimbal, gulai kambing Bustaman, dan babat gongso. Selain itu, Semarang juga terkenal dengan camilan khasnya, yaitu lumpia.

Penasaran, makanan khas Semarang apa saja yang dapat kamu jadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah?

Makanan Khas Semarang Terenak dan Bikin Nagih

Semarang kini merupakan salah satu daerah tujuan wisata favorit. Jika berlibur ke kota ini, jangan lupa membeli makanan khas Semarang untuk oleh-oleh.

Mengutip dari kumparan, sejarah Kota Semarang Jawa Tengah berawal kurang lebih pada abad ke-8 M, yaitu daerah pesisir yang bernama Pragota (sekarang menjadi Bergota) dan merupakan bagian dari Kerajaan Mataram Kuno.

Pada masa lampau kawasan tersebut merupakan pelabuhan. Di bagian depannya terdapat gugusan beberapa pulau kecil yang lama-kelamaan menyatu membentuk daratan.

Penasaran apa saja makanan khas Semarang yang dapat kamu beli untuk dijadikan oleh-oleh?

  1. Lumpia

Camilan yang sangat populer di Semarang ini bisa kamu temukan di seluruh penjuru Kota Semarang. Namun, ada baiknya kamu membeli lumpia Semarang ini langsung dari tempat resep lumpia diciptakan.

Kamu bisa datang ke Gang Lombok di kawasan Pecinan, Semarang. Di tempat ini kamu bisa membeli lumpia yang dikemas dalam besek atau kotak yang terbuat dari bambu.

  1. Roti Ganjel Rel

Selanjutnya ada roti ganjel rel. Namanya memang aneh. Namun, makanan satu ini memiliki rasa yang enak dan khas.

Roti ganjel rel terbuat dari tepung tapioka, santan, air nira, gula, dan kayu manis. Untuk mempercantik penampilannya, roti ganjel rel ini ditaburi dengan wijen.

  1. Tahu Bakso

Tahu bakso yang gurih ini wajib kamu beli. Cita rasanya akan lebih sempurna jika disantap dengan cabai rawit hijau serta ditemani secangkir teh.

Ada dua macam tahu bakso yakni tahu bakso goreng dan tahu bakso rebus. Kamu bisa memilih sesuai selera. Untuk rasa tidak perlu diragukan lagi.

  1. Mochi/Moaci Gemini

Kue mochi yang dikenal berasal dari Negeri Sakura ini ternyata menjadi oleh-oleh khas Semarang. Kue ini terbuat dari tepung ketan yang berisi kacang cincang dan  gula.

Tampilannya bulat seperti kue onde-onde dan bertabur wijen, menggoda siapa pun untuk mencicipinya.

  1. Roti Brillian

Makanan khas Semarang yang juga dapat dijadikan buah tangan adalah roti brillian. Untuk membeli roti ini kamu bisa mengunjungi Istana Brillian yang terletak di Jalan Simpang Lima, Semarang.

Roti ini dibuat dari bahan pilihan dan menggunakan resep kuno. Roti brillian bisa bertahan berhari-hari karena dikemas dengan baik. Jadi, tak perlu khawatir roti ini akan berjamur atau basi.

Itu dia beberapa makanan khas Semarang, Jawa Tengah, yang bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk keluarga tercinta di rumah. Kamu tertarik membeli yang mana, nih?

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA