Beranda GAYA HIDUP 5 Tips Merapikan Pakaian Kusut tanpa Setrika

5 Tips Merapikan Pakaian Kusut tanpa Setrika

pakaian kusut
foto: bola.com
Menyetrika ibarat satu hal yang tidak terpisahkan dalam urusan merawat pakaian. Setelah mencuci, langkah lanjutan yang dilakukan adalah menyetrika pakaian yang kering. Jelas, tujuannya adalah membuat pakaian kusut jadi tampak lebih rapi.

Tapi, ada saja hal yang membuat pakaian kusut kembali, seperti bekas lipatan. Kadang, beberapa bahan pakaian pun mudah kusut setelah dipakai. Di sisi lain, menyetrika pakaian tak bisa dilakukan. Kondisi mati listrik, tidak adanya setrika, atau waktu yang terbatas bisa jadi penyebabnya.

Pakaian pun jadi kusut seharian dan bisa membuat kita tampil tidak maksimal. Jangan bingung atau kesal, Ladies. Kamu bisa menempuh berbagai cara lain selain menggunakan setrika untuk membuat pakaian kembali rapi. Apa saja? Berikut dikutip dari kumparan.

Cara Merapikan Pakaian Kusut tanpa Setrika

  1. Catokan atau pengering rambut

Catokan atau pengering rambut (hair dryer) jadi salah satu “alat tempur” para perempuan dalam memaksimalkan penampilan mereka. Tapi, ternyata dua barang ini bisa digunakan sebagai solusi jika pakaian kamu kusut.

Gantunglah pakaianmu, lembabkan dengan cara menyemprotkan air ke bagian yang kusut, lalu coba keringkan dengan bagian yang telah disemprot dengan hair dryer kira-kira 2 cm dari bagian yang kusut.

Dengan menggunakan catokan, kamu bisa langsung menggunakannya seperti meluruskan rambut. Jepit bagian yang kusut dengan alat catokan, dan lakukan berulang kali dari arah atas ke bawah.

Kedua cara ini sangat membantu kamu mengurangi kusut pada pakaian. Tapi, kamu berhati-hati saat melakukannya, karena panas dari dua alat tersebut bisa merusak pakaian.

  1. Gunakan panci panas

Old but gold, cara yang satu ini bisa jadi andalan banyak orang jika terimpit keadaan mati lampu dan tidak ada cara lain untuk merapikan pakaian secara cepat. Metode ini sering digunakan banyak orang di masa lalu.

BACA JUGA  Resmikan MS Glow Store Ibunda Fuji, Shandy Purnamasari : Mama Meneruskan Perjuangan Alm Vanessa Angel

Ladies, kamu bisa mengisi panci logam di rumahmu dengan air mendidih, lalu diaplikasikan ke atas pakaian yang berkerut. Tapi, pastikan bahwa bagian bawah bersih agar tidak mengotori pakaianmu, ya!

  1. Uap air hangat

Menggunakan uap air hangat jadi salah satu cara cukup efektif untuk membantu merapikan pakaian kusut. Kamu bisa memanfaatkan uap dari teko yang memasak air panas. Caranya dengan mendekatkan bagian yang kusut pada uang selama beberapa menit.

Selain teko, kamu juga bisa menggantung pakaian di dalam kamar mandi yang menggunakan air hangat. Uap hangat dari ketel atau kamar mandi perlahan bisa membantu pakaian jadi lebih rapi.

  1. Handuk hangat

Jika pakaian kusut, cobalah letakkan pakaian pada permukaan yang rata dan keras. Lalu sediakan handuk yang sudah diberi air hangat. Tekan (dengan telapak tangan) beberapa kali baju yang telah dibentang dengan handuk hangat. Lama-kelamaan bagian baju yang kusut bisa kembali jadi rapi.

Sayangnya, cara ini memakan waktu yang cukup lama karena pakaian akan lembab atau bahkan basah. Kamu perlu menunggu beberapa saat dan menggantung pakaian agar lekas kering.

  1. Pakai spray anti-kusut

Kini, kamu tidak perlu lagi pusing karena baju kusut di kondisi tertentu. Tanpa alat setrika, kamu bisa menyemprot pakaian dengan spray anti-kusut yang ampuh. Kini Molto secara khusus menghadirkan Molto Anti Kusut Spray sebagai on the go solution bagi kamu yang memulai hari sibuk dengan pakaian yang tetap rapi.

Facebook Comments

Artikulli paraprakFerdy Sambo Sebut Uang di Rekening Ricky dan Yosua Adalah Uang Saya
Artikulli tjetërLaga Amerika Serikat vs Wales Terganggu oleh Aksi Kaum LGBT