500 Orang Tewas Akibat Gempa Berkekuatan 7,8 di Turki dan Suriah

- Advertisement -
500 orang tewas dan ribuan lainnya mengalami luka-luka tertimpa bangunan akibat gempa berkekuatan 7,8 mengguncang Turki dan Suriah, Senin (06/2/2023) dini hari. Pusat gempa berada di Turki tengah dan Suriah Barat Laut.

Selain 500 orang tewas juga diduga ribuan orang kini tengah terjebak dalam reruntuhan bangunan di seluruh wilayah Turki dan Suriah. Tim penyelamat kini tengah melakukan pencarian korban selamat di antara puing-puing bangunan yang roboh.

Gempa bumi yang telah menyebabkan 500 orang tewas ini terjadi pada pukul 4.17 waktu setempat (01.17 GMT) atau pada Senin dini hari ketika orang-orang sedang tidur nyenyak.

Kedalaman gempa sekitar 17,9 km (11 mil), getaran gempa yang cukup kuat juga dirasakan di Siprus dan Lebanon.

Wakil presiden Turki Fuat Oktay mengatakan sekitar 284 orang tewas di Turki dan 2.323 orang terluka. Pihak berwenang bergegas menerjunkan tim penyelamat serta menerbangkan pesawat ke daerah yang terkena dampak, dan menyerukan bantuan internasional.

Rekaman di penyiar CNNTurk menunjukkan Kastil Gaziantep yang bersejarah rusak parah.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan di Twitter bahwa “tim pencarian dan penyelamatan segera dikirim” ke daerah-daerah yang dilanda gempa.

Presiden berbicara melalui telepon dengan gubernur delapan provinsi yang terkena dampak untuk mengumpulkan informasi tentang situasi dan upaya penyelamatan.

Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu mengatakan setidaknya ada enam gempa susulan dan mendesak orang-orang untuk tidak memasuki bangunan yang rusak karena risikonya.

“Prioritas kami adalah mengeluarkan orang-orang yang terjebak di bawah reruntuhan bangunan dan memindahkannya ke rumah sakit,” katanya.

Video yang dibagikan di media sosial menunjukkan bangunan berkurang menjadi tumpukan puing di beberapa kota di tenggara Turki.

Penyiar TRT dan Haberturk menunjukkan gambar orang-orang berkumpul di sekitar bangunan yang hancur di kota Kahramanmaras, mencari yang selamat. Gambar-gambar lain menunjukkan orang-orang berlindung di mobil mereka di sisi jalan yang tertutup salju.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA