Beranda GAYA HIDUP 6 Tipe Pasangan yang Sebaiknya Kamu Hindari Sebelum Memutuskan untuk Menikah

6 Tipe Pasangan yang Sebaiknya Kamu Hindari Sebelum Memutuskan untuk Menikah

Pasangan
Salah memilih pasangan bisa membuat pernikahanmu berantakan. Alih-alih gembira, kamu dan pasangan justru bisa jadi sering bertengkar.

Nah, agar tidak menyesal di kemudian hari, tipe-tipe pasangan berikut sebaiknya kamu hindari, karena mereka mungkin tidak cocok menjadi kepala rumah tangga.

Dilansir alodokter.com, pernikahan merupakan hubungan sakral antara dua orang yang saling mencintai. Selain cinta, karakter pasangan juga tak kalah penting untuk menciptakan hubungan yang romantis dan langgeng. Walau kamu sudah mengenalnya beberapa waktu, hal tersebut bukan jaminan pernikahan kalian bisa bahagia, lho.

Ini Tipe Pasangan yang Harus Dihindari

Pernikahan memang tidak selalu bahagia bak cerita dongeng. Ada kalanya pernikahanmu akan mengalami pasang surut, kok. Namun, hubungan ini bisa bertahan lama, jika kamu melaluinya dengan orang yang pas.

Sebelum mengucap janji suci, ada beberapa tipe pasangan yang sebaiknya kamu hindari, antara lain:

1. Pemarah dan kasar

Menikah dengan seorang pria yang mudah marah dan sulit mengontrol emosinya bukanlah hal yang baik, apalagi jika ia sering membentakmu dan memukul ketika kamu membuat kesalahan.

Pernikahan dengan pria yang seperti ini tidak akan menciptakan kebahagiaan, karena pria dengan karakter ini bisa marah dengan hal-hal yang sepele dan biasanya tidak mudah memaafkan.

Selain itu, jika sifatnya tidak berubah, kamu bisa berisiko untuk mengalami kekerasan dalam rumah tangga saat menikah nanti. Menikah dengan pria tipe ini justru dapat membuat rumah tangga tidak harmonis. Selain itu, tipe pria yang kasar pun tidak baik dijadikan sosok ayah dan panutan untuk anak-anakmu nanti.

2. Suka menghina dan mengkritik

Hubungan yang sehat adalah hubungan yang saling menghormati dan menyayangi satu sama lain apa adanya. Memiliki pasangan yang suka mengkritik apa saja yang kamu lakukan bisa membuatmu merasa tertekan, apalagi bila ia juga sering menghinamu dan membuatmu sakit hati.

BACA JUGA  Putus Cinta Bisa Menurunkan Berat Badan

Bila selama berpacaran ia tidak pernah menghargai dirimu atau justru sering kali mengejek penampilanmu, terlebih jika sudah membuat self-esteem kamu terganggu, maka ada baiknya kamu mempertimbangkan untuk menyudahi hubungan kalian.

Tipe pasangan seperti ini bisa berisiko melakukan pelecehan emosional atau bahkan kekerasan fisik. Hal ini tentu bisa berdampak pada kesehatan mentalmu. Terjebak dengan pasangan yang suka menyakiti perasaanmu bisa membuatmu berisiko mengalami depresi, lho.

3. Sering berbohong

Komunikasi dan kejujuran merupakan kunci pernikahan yang bahagia. Namun, jika selama berpacaran ia sering menunjukkan gelagat berbohong atau berusaha untuk menipumu, ini merupakan salah satu tanda bahwa kamu perlu lebih waspada.

Walau kamu sudah mencintainya, jangan pernah berharap tipe pria ini akan mudah berubah saat menikah nanti. Pasalnya, tipe pria seperti ini bisa saja terus mengulangi kesalahan yang sama dan sering membohongimu. Tentu kamu tidak ingin hidup dengan seorang pembohong dan merasa was-was setiap hari, bukan?

4. Egois dan tidak mau menerima kesalahan

Pasangan

Menikah adalah proses menyatukan dua manusia dalam sebuah hubungan. Di dalam sebuah pernikahan, ada kalanya kamu menjadi seorang pendengar dan juga pembicara yang baik, begitu pula sebaliknya.

Bila pasanganmu tidak pernah berusaha untuk mendengar setiap perkataanmu, tak juga memahami apa yang sedang kamu rasakan, atau justru tidak mau menerima kesalahan yang kamu lakukan walau hal tersebut adalah sepele, maka ada baiknya kamu mempertimbangkan lagi kelanjutan hubungan kalian.

Menikah dengan pria egois dan narsistik bukanlah keputusan yang baik, karena segala yang kamu lakukan akan selalu salah di matanya.

Pria dengan ego yang tinggi atau bahkan sudah menunjukkan kepribadian narsistik juga akan selalu menganggap dirinya benar dan lebih baik darimu. Hal ini tentu bisa mempersulit hubungan kalian kelak setelah menikah.

BACA JUGA  Brand iCantix & Co. Tahun 2022 Resmi Hadir Di Jakarta

5. Selalu berpikiran negatif

Tipe pasangan seperti ini juga sebaiknya kamu hindari. Pria yang selalu berpikiran negatif cenderung akan sering mengeluh dan merasa sulit untuk mempercayai orang lain. Masalah yang sepele bisa saja menjadi besar karena pikiran negatifnya yang sulit dikendalikan.

Padahal pikiran positif merupakan salah satu hal penting dalam menjalin hubungan. Menikah dengan pria tipe ini tidak bisa membuatmu menjadi pribadi yang berkembang, justru hari-harimu bisa saja dipenuhi dengan perasaan takut dan cemas.

6. Suka menghindar

Ini merupakan tipe pasangan yang perlu diwaspadai. Mereka mungkin tidak menunjukkan perilaku kasar, suka mengkritik, atau sering berbohong, tapi tipe pasangan seperti ini cenderung akan sulit mempertahankan komitmen dalam jangka panjang.

Mereka juga kerap tidak mau membuat keputusan dan sulit untuk diajak membawa hubungan asmara yang tengah dijalani ke babak selanjutnya.

Selain itu, pasangan yang memiliki tipe kepribadian menghindar (avoidant personality disorder), juga bisa terkesan dingin, kurang peka, dan sulit mempercayaimu. Jika hubungan kalian bermasalah, tipe pasangan ini bahkan bisa sewaktu-waktu meninggalkanmu atau bahkan melakukan ghosting.

Itulah tipe-tipe pasangan yang sebaiknya dijauhi sebelum kamu memutuskan untuk menikah. Sebab ketika memutuskan untuk menikah, kehidupanmu tidak akan lagi sama dengan waktu sebelum menikah. Banyak kebiasaanmu yang harus diubah karena mungkin pasanganmu tidak menyukainya, begitu pun sebaliknya.

Ingatlah, pasangan yang ideal harus mau berkorban dan memperbaiki diri demi keharmonisan hubungan yang akan dijalani. Hal ini penting agar hubungan pernikahan yang dijalani kelak bisa bertahan lama dan tidak berujung pada perceraian. Kamu tentu tidak mau terjebak dalam hubungan yang toxic, bukan?

Jika kamu merasa tipe pasanganmu adalah tipe pasangan yang telah disebutkan di atas, ada baiknya kamu berkonsultasi dengan psikolog untuk mendapatkan solusi yang tepat.

Facebook Comments

Artikulli paraprakGerah dengan Aksi Premanisme, Bobby Nasution Minta Polisi dan TNI Bertindak Tegas
Artikulli tjetërWulan Guritno Ungkapkan Pacaran dengan Pria Beda Usia 15 Tahun, Sama dengan Nabi Muhammad dan Siti Khadijah