Beranda GAYA HIDUP 7 Cara Agar Kulit Cantik Saat Lebaran

7 Cara Agar Kulit Cantik Saat Lebaran

Kulit Cantik
Lebaran menjadi momen spesial untuk berkumpul bersama keluarga besar. Wajar jika kita ingin tampil terbaik, termasuk soal kulit. Agar kulit cantik saat Lebaran bukan hanya sekadar angan-angan, yuk terapkan tips berikut ini agar kulit cantikmu memberi kesegaran bagi orang lain pada saat lebaran.

Tampil dengan kulit cantik tentu perlu selain menyiapkan kue dan beragam hidangan khas Lebaran. caranya kamu harus menjaga dan merawat kesehatan kulitmu agar bisa tampil cantik dan menawan di Hari Raya nanti. Supaya hasilnya lebih maksimal, kamu dianjurkan untuk mulai melakukan perawatan kulit jauh hari sebelum Lebaran.

Serangkaian Tips Kulit Cantik Saat Lebaran

Saat puasa, kurang minum bisa menyebabkan kulit dehidrasi dan kering. Sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat saat berbuka puasa ataupun sahur, seperti gorengan, makanan pedas, serta makanan dan minuman yang manis, juga diketahui dapat berimbas buruk pada kesehatan kulit.

Kulit yang tidak sehat dan kurang terhidrasi rentan mengalami gangguan kesehatan, seperti kulit gatal, kusam, hingga munculnya jerawat atau kerutan. Hal ini tentunya bisa menurunkan rasa percaya diri, terlebih saat akan bertemu dengan keluarga atau sanak saudara saat Lebaran.

Nah, agar kulit cantik dan tetap sehat dan terlihat lebih menawan saat Lebaran nanti, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar kulit cantikmu dikagumi banyak orang, yaitu:

1. Penuhi kebutuhan cairan

Minum air putih 8 gelas sehari merupakan langkah penting agar kesehatan tubuh dan kulit tetap terjaga. Untuk memenuhi kebutuhan cairan saat puasa, kamu bisa menggunakan rumus 2-4-2, yaitu 2 gelas air putih di waktu berbuka, 4 gelas sebelum tidur, dan 2 gelas ketika sahur.

Untuk membantu mencukupi kebutuhan cairan, kamu juga bisa mengonsumsi makanan dengan kandungan air yang tinggi, seperti mentimun, semangka, melon, stroberi, dan tomat.

BACA JUGA  Inilah Manfaat Essence untuk Kulit Wajah

2. Istirahat yang cukup

Saat puasa, waktu tidur mungkin akan bergeser, sehingga membuatmu jadi rentan mengalami kurang tidur. Namun, kamu bisa menyiasatinya dengan tidur lebih cepat di malam harinya dan menyempatkan waktu untuk tidur siang maksimal selama 20 menit.

Selain membuat tubuh lebih berenergi, tidur yang cukup juga diketahui bisa membantu meningkatkan produksi kolagen yang bermanfaat untuk membuat kulit tampak kencang, sehat, dan kenyal.

3. Konsumsi makanan sehat

Agar kulit cantik saat Lebaran, kamu perlu menjaga segala yang kamu konsumsi saat puasa. Pasalnya, makanan yang kamu konsumsi turut berpengaruh terhadap kondisi kesehatan kulitmu.

Jadi, pastikan selama berpuasa kamu hanya mengonsumsi makanan sehat, seperti aneka buah dan sayur, yoghurt, ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Selain itu, sebisa mungkin hindari makanan cepat saji dan yang mengandung pengawet, karena makanan jenis ini bisa menimbulkan gangguan pada kesehatan kulit.

4. Kendalikan stres

Ketika stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol. Jika kadar hormon kortisol yang diproduksi berlebihan, maka ini bisa meningkatkan produksi minyak di kulit dan membuat kulit jadi mudah berjerawat. Stres juga bisa menyebabkan kulit jadi gatal-gatal dan memperparah gangguan kulit, seperti psoriasis, eksim, dan rosacea.

Untuk mengatasi stres, ada banyak cara yang bisa kamu coba, di antaranya meditasi, bercerita soal keluh kesah ke kerabat atau keluarga, dan rutin berolahraga. Jika ingin berolahraga, lakukanlah jenis olahraga intensitas rendah agar tidak mengganggu puasamu, seperti bersepeda santai.

5. Bersihkan sisa make up

Jika kamu rutin menggunakan make up, maka membersihkan sisa make up setiap selesai beraktivitas adalah sebuah keharusan. Pasalnya, make up yang tidak dibersihkan terlebih hingga dibawa tidur dapat menghambat pori-pori dan mengganggu fungsinya dalam membersihkan racun di kulit.

BACA JUGA  8 Tips Awet Muda yang Sederhana

Untuk membersihkan make up, kamu bisa menggunakan make up remover yang dijual bebas di pasaran. Bila ada riasan mata yang sulit dihilangkan, kamu bisa coba menggunakan make up remover dengan bahan dasar minyak agar sisa make up tersapu dengan bersih.

6. Cuci wajah rutin 2 kali sehari

Untuk mendapatkan kulit cantik saat Lebaran, cucilah wajah 2 kali sehari dan gunakan sabun pencuci muka yang cocok dengan jenis kulitmu. Sabun cuci muka yang baik biasanya tidak mengeluarkan banyak busa, tapi bisa membuat kulit terasa terhidrasi, kenyal, dan tidak kering setelah mencuci muka.

7. Gunakan pelembap dan tabir surya

Gunakan tabir surya setiap kali akan ke luar rumah, meski saat cuaca mendung. Oleskan kembali setiap 2 jam atau lebih sering jika kamu mudah berkeringat. Selain itu, setiap habis mandi, oleskan juga pelembab kulit secara merata ke seluruh tubuh.

Pelembap berfungsi untuk mengunci air dan menghidrasi kulit sehingga kulit tetap lembap dan tidak kering. Sedangkan, tabir surya dengan SPF minimal 15 memiliki peranan untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV yang bisa menimbulkan penuaan dini.

Tak hanya itu, kamu juga dianjurkan untuk membatasi waktu mandi dengan air hangat. Memang, mandi dengan air hangat bisa membuat tubuh lebih rileks. Namun, jika dilakukan terlalu lama, ini justru bisa mengurangi kadar minyak di kulit serta menyebabkan kulit kering dan tampak kusam.

Bila setelah menerapkan tips–tips di atas kulitmu masih tetap kering, tidak bercahaya, atau justru menunjukkan gejala-gejala masalah kulit, seperti kemerahan atau ruam, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Facebook Comments

Artikulli paraprakDewas KPK Minta Pihak Pertamina Koperatif dalam Mengusut Kasus Gratifikasi Lili Pintauli Siregar
Artikulli tjetërPerang Dukun Pada Pentas Politik 2024, Masihkah Terjadi?