Iklan
Iklan

7 Orang Tewas dalam Kebakaran Ruko di Samarinda

- Advertisement -
Tujuh orang tewas dalam kebakaran sebuah ruko di Jalan Abdul Wahab Sjaranie, Samarinda, Kalimantan Timur. Korban sulit menyelamatkan diri lantaran pintu ruko terkunci dari luar.

“Bapak pemilik toko sembako, dini hari tadi belanja ke pasar dan pintu ruko dikunci dari luar, sehingga ketika terjadi kebakaran, penghuni ruko tidak bisa ke luar,” ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Samarinda Hendra AH di Samarinda, Minggu, 17 April 2022.

Sangat disayangkan oleh Hendra, ruko tersebut tidak dilengkapi pintu darurat atau pintu belakang. Sehingga ketika api berkobar di bagian depan, penghuni tidak memiliki akses untuk menyematkan diri.

Untuk menghindari hal serupa terulang, ia mengimbau kepada semua pemilik ruko melengkapi pintu lain untuk evakuasi jika terjadi musibah.

Kebakaran yang terjadi pukul 04.30 Wita tersebut melanda satu bangunan dua lantai yang disekat untuk tiga ruko, yakni ruko yang menjual sembako, ruko barang elektronik, dan ruko yang menjual aneka plastik.

Ketika terjadi kebakaran, hanya ruko yang menjual sembako yang ada penghuninya. Akibatnya, enam orang di dalam ruko sembako meninggal di tempat, sementara dua orang lainnya kritis sehingga langsung dilarikan ke rumah sakit.

Di perjalanan, satu di antara yang kritis meninggal, sehingga total meninggal akibat peristiwa itu menjadi tujuh orang, sedangkan satu yang selamat anak usia 9 tahun.

Peristiwa itu bermula dari mobil double kabin Triton melaju kencang dari arah Sempaja menuju Air Hitam. Sopir diduga hilang kendali karena mengantuk sehingga menabrak lapak bensin eceran di depan ruko penjual sembako dan menabrak pagar teras ruko penjual plastik hingga roda sebelah kanan depan dan belakang mobil masuk ke parit.

“Akibat dari mobil menabrak lapak bensin eceran inilah, kemudian diduga ada percikan api sehingga menyebabkan kebakaran yang menghanguskan tiga ruko dan menyebabkan tujuh orang meninggal,” ujar Hendra.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA