Beranda PERISTIWA 7 Rumah Rusak Dampak Gempa 6,5 Magnitudo di Sulteng

7 Rumah Rusak Dampak Gempa 6,5 Magnitudo di Sulteng

Gempa
Gempa 6,5 Magnitudo yang mengguncang wilayah Kabupaten Tojo Una Una, Sulawesi Tengah, memicu kerusakan bangunan.

Data sementara pada hari ini, Selasa (27/7), pukul 12.00 WIB, sebanyak tujuh rumah mengalami kerusakan dengan tingkat sedang hingga berat.

Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB menerima data kerusakan rumah yang teridentifiksi di wilayah Kabupaten Tojo Una Una dan Banggai.

Gempa yang berpusat 59 km timur laut Tojo Una Una ini juga merusakkan bangunan fasilitas umum (fasum). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat melaporkan rumah rusak berat sebanyak 1 unit di Kabupaten Tojo Una Una, sedangkan 5 rumah rusak sedang dan 1 rusak berat di Kabupaten Banggai.

Sedangkan kerusakan di fasum, sebanyak 1 unit sekolah rusak sedang dan 3 unit tempat ibadah rusak ringan. Sejumlah fasum yang rusak ini berada di wilayah Kabupaten Banggai.

Pada saat gempa dengan kedalaman 10 km ini terjadi, guncangan kuat dirasakan warga di Kabupaten Tojo Una Una dan Banggai. Diukur dengan skala Mercalli Intensity (MMI), kekuatan guncangan di Ampana yang berada di Kabupaten Tojo Una Una menunjukkan V hingga VI MMI.

Pusdalops BNPB mendapatkan informasi bahwa BPBD setempat masih melakukan pendataan di lapangan dan berkoordinasi dengan instansi terkait. Selain itu, petugas BPBD dan aparat setempat juga membantu warga untuk membersihkan reruntuhan material rumah rusak.

Sementara itu, kelompok warga dua kabupaten tersebut yang sempat melakukan evakuasi ke tempat yang lebih tinggi telah kembali ke rumah mereka.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaLereng Gunung Merapi Terbakar Akibat Guguran Lava Pijar
Artikel berikutnyaTerbongkarnya Prostitusi Gay di Kota Padang, Sungguh Sangat Memalukan!