Iklan
Iklan

ACFFest 2023 Digelar KPK Bertema SuaraMU, SuaraKITA, Suara NURANI

- Advertisement -
ACFFest 2023 atau Anti-Corruption Film Festival 2023 segera digelar oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang merupakan gelaran ke -9 tahun 2023 ini.

Menurut Wawan Wardiana Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Masyarakat KPK RI menyampaikan, tema ACFFest 2023 adalah SuaraMU, SuaraKITA, Suara NURANI. Ini merupakan ajakan dan mengkampanyekan anti praktik uang melalui perfilman Indonesia.

“Diharapkan melalui ACFFEST ini, banyak teman-teman yang menyerukan anti politik uang. Kita mendorong para sineas untuk memberikan edukasi yang berhubungan dengan korupsi dan bisa menggambarkan dampak buruk politik uang. Ini merupakan tahun ke 9 pelaksanaan ACFFest 2023.”ujar Wawan Wardiana di acara launching ACFFest 2023 Aula Juang Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Jumat (5/5/2023).

ACFFest 2023

“Hari ini adalah launching program, lalu dilanjutkan dengan Movie Camp, Webinar Film, Movie Day diberbagai daerah di Indonesia, Screening Day, ACFFEST Comunity Gathering dan kurasi karya film. Hingga tahun ke 9 ini KPK sudah memproduksi sebanyak 45 film pendek”, jelas Wawan Wardiana.

Ketua KPK Firli Bahuri membuka kompetisi ACFFest 2023  Firli mengatakan kompetisi film antikorupsi ini bertujuan untuk mendidik dan mengajak anak muda agar lebih kreatif, peduli, serta kritis dalam memerangi korupsi, khususnya menuju tahun politik 2024 mendatang.

“ACFFest 2023 mengusung tema ‘Suaramu, Suara Kita, Suara Nurani’ yang dimaksudkan untuk mengedukasi anak muda agar menjauhi praktik jual-beli suara dalam Pemilu mendatang,” kata Firli.

ACFFest 2023

Firli menuturkan istilah vox populi vox dei yang berartisuara rakyat adalah suara Tuhan, maka suara rakyat tidak boleh diperjual-belikan. Sehingga pemilu yang diselenggarakan secara jujur akan menghasilkan pemimpinan yang berintegritas.

“Dengan pemilu yang jujur maka pemimpin-pemimpin yang kita hasilkan adalah pemimpin yang dapat mewujudkan Tujuan Negara dan bebas dari korupsi,” pesannya.

Penyelenggaran ACFFest tahun sebelumnya mencapai sekitar 900 peserta yang ikut baik yang animasi Itu ide cerita dari film dan film pendek. Untuk ACFFest 2023, Direktur Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi KPK, Amir Arief mengatakan akan menerima sebanyak – banyaknya

ACFFest 2023

“Kalau target kita terima sebanyak-banyak ya kalau kita belajar dari sebelumnya setiap tahun karena masyarakat semakin tahu gitu bawa ke sini adalah laboratorium untuk belajar bikin film itu ya ini semakin menarik pakai kita kita kita inginkan tahun ini lebih banyak pendaftar daripada tahun,”ujar Amir Arief

Rangkaian pembukaan ACFFest 2023 dilanjutkan talkshow bersama sineas hingga finalis ACFFest 2021. Hadir sebagai narasumber Direktur Sosialisasi dan Kampanye KPK Amir Arief, Sutradara/Penulis Skenario Film Makbul Mubarak, Konten Kreator Rian Fardhian, serta Finalis ACFFest 2021 Erlangga Radhikza

Dalam Kompetisi Ide Cerita tahun ini seluruh peserta akan mendapatkan dana produksi  sebesar Rp.30.000.000, -. Selain itu, peserta juga berkesempatan mengikuti Movie Camp tentang  penulisan naskah dan produksi film dengan mentoring langsung dari para–Filmmaker Profesional.

ACFFest 2023

Film pada Kompetisi Ide Cerita ini juga akan dipublikasikan melalui berbagai kanal media sosial dan publikasi KPK lainnya. ACFFest 2023 juga akan menggelar program Kompetisi Film Pendek Fiksi. Para peserta dapat mengirimkan karyanya berupa audio visual, yang tentunya memuat pesan-pesan antikorupsi.

Kemudian ACCFest juga akan menyelenggarakan Community Gathering yang diikuti para finalis tahun-tahun sebelumnya.

Puncak dari seluruh rangkaian ACFFEST 2023 adalah Awarding Night. KPK berharap ACFFest 2023 dapat membuka peluang kolaborasi bagi komunitas film Tanah Air untuk mengembangkan ide, program, maupun inovasi inspiratif, dalam mengkampanyekan antikorupsi. Adapun film-film ACFFest sebelumnya juga dapat disaksikan melalui kanal youtube KPK. (EH).

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA