Beranda TEKNOLOGI Ajang BIGO Awards Gala 2021, Tempat Bersatunya Para Live-streaming Broadcaster

Ajang BIGO Awards Gala 2021, Tempat Bersatunya Para Live-streaming Broadcaster

Top Global Broadcaster dalam BIGO Awards Gala 2021-Amy, @amy_tokyo
BIGO Technology, perusahaan yang membuat sejumlah platform komunikasi masa kini yang populer seperti Bigo Live (live streaming) dan Likee (short-form videos), akan menggelar ajang tahunan “BIGO Awards Gala” pada 21 Januari, pukul 8 malam (GMT+8), untuk merayakan kegigihan komunitas broadcasting sepanjang tahun lalu.

Ajang ini akan berlangsung pada kanal Music Livehouse milik Bigo Live. Lusinan broadcaster akan memperoleh pengakuan dan penghargaan.

Tema acara tahun ini adalah “Connecting the World,” secara khusus merancang acara tersebut guna merayakan streamer terkemuka pada platformnya yang berasal dari seluruh dunia. Mereka mendapat apresiasi atas pencapaiannya pada tahun yang penuh bencana.

Bertepatan dengan ajang tahun ini yang sepenuhnya digelar secara virtual, BIGO ingin membuka acara dengan sambutan dari maskot virtual Live DINO yang kelak mengawali perhelatan tersebut. Lebih dari 72 family, digagas oleh sejumlah komunitas pengguna pada aplikasi Bigo Live, dan 78 broadcaster akan menerima penghargaan di acara Gala tahunan ini.

BIGO akan mengapresiasi kesuksesan setiap penyiar sepanjang tahun. Empat kategori penghargaan meliputi “Top Regional Broadcaster,” “Top Regional Family,” “Top Global Broadcaster” dan “Top Global Family”; mencerminkan broadcaster terbaik dari masing-masing wilayah dan secara global. Sejumlah broadcaster terpilih pada tahun ini berasal dari 150 negara dan wilayah di seluruh dunia.

“Covid-19 telah memaksa kita untuk menjaga jarak fisik dari orang-orang yang sangat kita sayangi, dan sebagian besar acara telah beralih ke format virtual. Dengan demikian, live streaming menjadi kanal terbaik untuk menghubungkan berbagai orang dari seluruh dunia yang ingin berbagi pengalaman secara seketika,” ujar seorang juru bicara BIGO Technology.

Bigo
Reklame BIGO Awards Gala 2021 di Times Square, New York

“Terlepas dari pandemi, para pengguna Bigo Live telah membuktikan bahwa Anda tak harus berkumpul secara fisik guna menjalin hubungan bermakna. Kami sangat bangga atas sikap para pengguna kami yang saling mendukung pada tahun yang penuh tantangan, dan kami gembira merayakan pencapaian mereka untuk menghubungkan dunia lewat live streaming. Mengingat ajang tahun ini sepenuhnya digelar secara virtual, kami memperkirakan jumlah penonton akan lebih banyak ketimbang tahun lalu.”

Ajang tersebut juga akan menampilkan beragam pertunjukan dari broadcaster, termasuk fire dances, DJ sets, K-pop dances, dan lagu-lagu Urdu. Dengan jumlah pengguna global yang mencapai lebih dari 400 juta, sederet pertunjukan ini ingin mencerminkan penonton yang beraneka ragam dan berskala global, serta memakai Bigo Live setiap hari.

Acara Gala tahun ini juga mengangkat cara-cara baru yang menarik bagi penonton untuk mengikuti acara virtual. Dengan memilih broadcaster, family, dan pertunjukan favoritnya, penonton kelak memperoleh tiket yang dapat digunakan dalam undian berhadiah.

Beberapa hadiah pada tahun ini seperti merchandise eksklusif (bantal Dino), serta sejumlah hadiah virtual seperti pendants, entrance effects, badges, dan medals. Semuanya didesain secara khusus untuk Gala tersebut.

Salah satu pemenang ternama dalam ajang tahun ini adalah Ami Ohta, atau yang juga dikenal sebagai Amy dari Tokyo, broadcaster asal Jepang. Amy menempati peringkat nomor satu sebagai Top Global Broadcaster pada Bigo Live.

Selain menghibur penontonnya setiap hari, Amy memperoleh banyak penggemar dari livestreaming yang dilakukannya ketika berlibur sebelum pandemi terjadi. Bagi Amy, hal yang paling menarik dari melakukan livestreaming pada Bigo Live adalah fitur PK. Fitur ini membuat para pengguna dapat saling bersaing dalam berbagai jenis permainan.

Dia sering menghadiri acara-acara PK yang berskala internasional, dan bahkan memenangi “PK World Cup” pada tahun ini.

“Saya mendapat kehormatan besar atas penghargaan top global broadcaster yang diberikan dalam BIGO Gala tahun ini,” kata Ami Ohta. “Di tengah banyaknya peristiwa yang terjadi di dunia, Bigo Live telah bekerja sangat baik dalam menjaga para penggunanya agar tetap terhubung serta berinteraksi, dan saya senang memperoleh apresiasi atas kontribusi saya tersebut.”

Pemenang lainnya dalam Gala tahun ini adalah broadcaster Bigo Live terkenal asal Amerika Serikat, Megan Nguyen, juga dikenal dengan nama MeganQQ. Memiliki dua juta penggemar di Bigo Live, MeganQQ populer lewat sejumlah ajang berskala besar pada platform tersebut dan big box PK.

Dia juga merupakan sosok dwibahasa sehingga dia bisa berkomunikasi dan menjangkau penonton global aplikasi ini dalam jumlah masif. “Salah satu tantangan terbesar saya pada tahun ini ialah menjadi broadcaster terbaik di Amerika Serikat. Apalagi, begitu banyak broadcaster lain yang berbakat dan berperforma baik di Amerika Serikat,” jelas Nguyen.

“Saya sangat bangga atas status saya sebagai broadcaster terbaik di Amerika Serikat, dan keluarga besar saya di aplikasi ini masih terus berkembang.”

Setiap pemenang akan menerima medali dan hadiah atas pencapaian mereka, serta in-app reward. Mereka juga akan muncul dalam berbagai kampanye berupa papan iklan LED yang terletak di sejumlah lokasi terkenal di 23 negara di seluruh dunia.

Sejalan dengan kiprah live streaming sebagai bentuk infotainment yang digemari, broadcaster terbaik di aplikasi ini telah tampil sebagai selebritas, dan para penggemar mereka ikut merayakan kesuksesannya di seluruh dunia.