Beranda DAERAH KABUPATEN 50 KOTA Akibat Gempa Pasaman Barat, 11 Rumah di Limapuluh Kota Rusak Berat

Akibat Gempa Pasaman Barat, 11 Rumah di Limapuluh Kota Rusak Berat

Gempa Pasaman Barat
Pasca gempa bumi magnitudo 6,1 yang berpusat di Kabupaten Pasaman Barat. Tiga kecamatan di Kabupaten Limapuluh Kota ikut terdampak.Tiga kecamatan itu adalah Kecamatan Gunung Omeh, Kapur XI dan Bukit Barisan.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten 50 Kota, Ramadinol, menyampaikan, kecamatan tersebut dilalui sesar Sumatra. “Di Kabupaten 50 Kota, tiga kecamatan itu berada di atas patahan semangko,” ujarnya, Jumat (25/2).

Ramadinol menuturkan, Kecamatan Gunung Omeh merupakan kawasan yang paling terdampak, tepatnya di Nagari Pandam Gadang.

“Di sana, kita mencatat ada 11 rumah rusak berat. 10 rumah di Jorong Sungai Mangkirai, dan satu rumah di Jorong Koto Marapak,” ujarnya.

Sementara untuk kondisi di Kecamatan Bukit Barisan, Ramadinol menyebut terdapat longsoran bukit yang menimbun bahu jalan.“Di daerah itu rata-rata perbukitan pasir putih, jadi agak labil,” jelasnya.

Untuk kerusakan bangunan, pihaknya belum bisa memastikan, sebab tim BPBD saat ini tengah melakukan pengecekan ke lokasi. “Nanti kita akan update informasi terbaru,” ujarnya.

Ramadinol melanjutkan, di Kecamatan Kapur Sembilan, diketahui terdapat satu bangunan sekolah rusak akibat guncangan gempa.

“Di semua wilayah tersebut, allhamdulillah tidak ada satupun korban, karena rata-rata penduduk di sana petani, dan saat gempa terjadi, mereka sedang di ladang,” singkat Ramadinol. (Kay)

Iklan
Artikulli paraprakBMW Luncurkan Seri 2 Gran Coupé Pilihan Ideal Kaum Urban Berjiwa Muda
Artikulli tjetërSeorang Gadis di Dharmasraya Ditemukan Tewas Dalam Kamar