Iklan
Iklan

Akibat Ledakan Kilang Balongan, Hampir 1.000 Warga Diungsikan

- Advertisement -
Hampir seribu warga diungsikan akibat ledakan dan kebakaran kilang Balongan, Indramayu, Senin (29/3/2021) dini hari. Pertamina telah mengevakuasi warga sekitar lokasi kejadian ke lokasi yang lebih aman.

Terbakarnya kilang Balongan yang berlokasi di Desa Balongan, Kecamatan Indramayu, Jawa Barat ini, terpaksa pihak pertamina mengamankan warga di sekitar lokasi.

Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional, Ifki Sukarya mengungkapkan, sekitar 200 warga diungsikan ke Pendopo Kabupaten Indramayu, sekitar 400 orang di Islamic Center Indramayu dan sekitar 350 warga di GOR Perumahan Bumi Patra.

“Pertamina juga tengah mengupayakan berbagai bentuk bantuan untuk memenuhi kebutuhan warga di pengungsian,” ujar Ifki, Senin (29/3/2021).

Ifki mengatakan, warga yang diungsikan berasal dari desa Balongan yang merupakan desa yang berlokasi paling dekat dengan kilang Balongan.

Pertamina menyiapkan kelengkapan pencegahan Covid-19 di lokasi pengungsian, berupa masker dan hand sanitizer, serta memastikan warga tetap menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Untuk logistik, Pertamina akan bekerja sama dengan Pemda Kabupaten Indramayu untuk membantu penyediaan konsumsi bagi warga di pengungsian. Selain itu, Pertamina juga menyiapkan terpal serta kebutuhan warga lainnya di pengungsian,” kata Ifki.

Sedangkan, upaya pemadaman masih terus berlangsung hingga saat ini. Pertamina juga mendatangkan tim HSSE (Health Safety, Security and Environment) dari unit kilang terdekat, yakni Kilang Pertamina Cilacap, Pertamina EP, Kilang Pertamina Plaju serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah di Indramayu.

Insiden yang terjadi pada pukul 00.45 dini hari tadi, menyebabkan terjadinya kebakaran di tangki T301G. Penyebab kebakaran belum diketahui dengan pasti, namun pada saat kejadian kondisi sedang turun hujan lebat disertai petir.

Kilang yang terbakar adalah kilang Balongan yang berlokasi di Desa Balongan, Kecamatan Indramayu, Jawa Barat.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA