Iklan
Iklan

Alasan Tirai Jendela Pesawat Harus Dibuka Saat Take Off dan Landing

- Advertisement -
Saat pesawat hendak take off atau landing kamu pasti pernah diminta pramugari untuk menaikkan tirai di jendela pesawat, dan juga menegakkan sandaran kursi. Lantas, pernahkah terlintas di benak traveler, kenapa kita harus membuka tirai jendela pesawat ketika pesawat akan take off atau landing? Ternyata ini alasannya.

Dilansir dari kumparan, seorang ahli perjalanan mengungkapkan alasan kenapa jendela pesawat harus dibuka saat take off atau landing.

Dalam laman resmi Bandara Internasional Schiphol Amsterdam, ahli tersebut mengatakan bahwa alasan kenapa kamu harus melakukannya adalah demi keselamatan.

“Ini untuk keselamatan Anda sendiri,” ungkapnya.

Menurutnya, dalam keadaan darurat, jendela pesawat ternyata memiliki peran yang cukup vital. Jika jendela pesawat tertutup, itu dapat menyulitkan proses evakuasi penumpang.

“Jika sesuatu terjadi ketika take off dan landing -salah satu bagian paling berisiko dalam penerbangan, matamu bisa tetap melihat dalam gelap, karena cahaya dari luar tetap bisa masuk dan kamu bisa beraksi dengan lebih cepat,” kata dia.

“Hal ini juga yang membuat lampu di kabin diredupkan saat lepas landas dan mendarat,” lanjutnya.

Alasan Lain Jendela Pesawat Harus Dibuka

Adapun, alasan lainnya kenapa jendela pesawat harus dalam keadaan terbuka saat take off dan landing adalah agar mereka bisa mengidentifikasi masalah saat pesawat mengalami keadaan darurat.

Hal itu juga diungkapkan juru bicara yayasan keselamatan penerbangan, Flight Safety Foundation.

“Dari sudut pandang keselamatan, jendela yang terbuka membantu meningkatkan kesadaran situasional,” katanya.

“Sebagai contoh, saat evakuasi darurat, pramugari atau penumpang harus bisa melihat apa yang ada di luar untuk menentukan apakah aman untuk membuka, dan menggunakan pintu keluar darurat di sisi itu masih berjalan atau terbakar,” imbuhnya.

Menurut asosiasi Pramugari Maskapai Penerbangan United, detik-detik setelah situasi darurat muncul sangat berharga dan tidak boleh disia-siakan, meminta penumpang untuk membuka tirai mereka.

“Ketika semua orang dapat melihat ke luar, kami dapat mengevaluasi semua kondisi dengan cepat, termasuk melihat mesin, sayap, dan potensi penghalang apa pun sebelum memulai evakuasi,” kata organisasi itu dalam sebuah pernyataan.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA