Iklan
Iklan

Angin Puting Beliung Terjang Perbatasan Kabupaten Bandung dan Sumedang

- Advertisement -

Angin puting beliung menerjang perbatasan Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Rabu (21/2/2024) sore.

Dahsyatnya terjangan angin putting beliung ini mengakibatkan material bangunan berhamburan dalam kejadian ini.

Menurut informasi, peristiwa tersebut terjadi pukul 15.58 WIB. Hal itu diungkapkan salah satu warga  Haurpugur Rancaekek bernama Yuan.

Dia menyebut, angin yang begitu kuat datang dari arah Sumedang dan berputar di Jalan Bandung-Garut.

“Angin dari Sumedang di Pabrik Kahatex ke arah Cicalengka sampai Pabrik Kwalram lalu ke arah Haurpugur, angin masih ada, setelah itu enggak ada dan terjadi hujan,” ujar Yuan

“Material seperti atap dan lainnya (yang tersapu angin),” ujar Yuan.

Peristiwa angin puting beliung menerjang kawasan Sumedang-Bandung pun viral di media sosial dan Whatsapp. Salah satunya video yang menangkap momen angin berhamburan di depan kantor BPR KS Rancaekek.

Dalam video itu terlihat benda-benda berterbangan, kemudian terlihat pusaran angin yang terlihat kehitaman berputar-putar di wilayah tersebut. Hingga berita ini diturunkan masih belum diketahui apakah ada korban atau bangunan yang rusak akibat peristiwa tersebut.

BPBD Jabar Benarkan Peristiwa Angin Puting Beliung di Kawasan Tersebut

Humas BPBD Jabar Hadi Rahmat membenarkan adanya kejadian tersebut.

“Kejadian angin puting beliung, terjadi pada Rabu 21 Februari 2024, pukul 16.00 WIB,” ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu petang.

Hadi mengatakan, peristiwa angin yang begitu kuat itu terjadi di wilayah Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Angin puting beliung, berdampak pada sejumlah wilayah sekitar.

“Dampak Sementara: depan PT Kwalram, kawasan Industri Dwipapuri, depan Borma Rancaekek, asrama Polda Brimob Jabar, dan depan Indomaret Eston Jatinangor,” katanya.

Hadi mengatakan, saat ini BPBD Provinsi Jawa Barat berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Sumedang. Terkait korban jiwa dan kerusakan, saat ini masih dalam tahap asesmen.

Merujuk keterangan dari BMKG Jabar peristiwa tersebut terjadi di wilayah Kecamatan Jatinangor sekitar pukul 16.00 WIB hingga ke wilayah kawasan industri di Rancaekek, Bandung.

“Angin puting beliung mengakibatkan atap rumah warga di Kec Jatinangor berterbangan; Angin puting beliung merobohkan pagar PT. Kahatex, Bandung,” demikian dikutip dari keterangan BMKG Jabar.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA