Beranda Indeks Top Aprilia Manganang Bahagia Setelah Diumumkan oleh Jenderal Andika Perkasa Sebagai Pria

Aprilia Manganang Bahagia Setelah Diumumkan oleh Jenderal Andika Perkasa Sebagai Pria

Aprilia Manganang
Serda Aprilia Manganang merupakan mantan pemain Timnas voli puteri itu mengungkapkan rasa bahagianya setelah dibantu oleh TNI AD untuk operasi hingga akhirnya ia diumumkan sebagai pria.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa meminta Serda Aprilia Manganang menceritakan kondisinya. Mantan atlet voli putri ini tampil secara virtual, mengaku sangat bahagia atas bantuan yang diberikan TNI AD.

“Ini momen yang sangat saya tunggu Bapak. Saya bahagia banget. Puji Tuhan Yesus saya bisa lewati ini dan saya sangat bersyukur Tuhan pakai Bapak dan Ibu untuk mempertemukan saya,” ujar Aprilia Manganang, Selasa (9/3/2021).

Manganang juga mengucapkan terima kasih kepada segenap pihak yang telah membantunya. Bantuan ini, ia sebut merupakan keinginannya sejak dulu yang akhirnya tercapai.

Aprilia Manganang

“Saya berterima kasih ke dokter yang sudah membantu saya. Saya sangat bahagia selama 28 tahun saya menunggu keinginan saya dan akhirnya tahun ini bisa tercapai. Izin terima kasih, Bapak,” ungkapnya.

Sebelumnya, KSAD Jenderal Andika Perkasa menggelar konferensi pers terkait Serda Aprilia Manganang. Andika menegaskan Serda Manganang lahir sebagai laki-laki dengan kelainan hipospadia.

“Sersan Manganang ini bukan transgender, bukan juga interseks. Tidak masuk dalam kategori itu semua. Saya tahu definisinya dan tim dokter pun tahu semua definisinya. Karena memang kelainan yang dialami adalah hipospadia. Jadi selalu kembalikan ke situ,” ujar Jenderal Andika di Mabes AD, Jalan Veteran, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (9/3/2021).

Andika juga menjelaskan Manganang lahir sebagai laki-laki dengan kelainan hipospadia. TNI AD dalam hal ini membantu Manganang dalam corrective surgery sebanyak dua kali. Saat ini, Manganang sudah menjalani operasi tahap pertama dan masih recovery di RSPAD, Jakarta.

BACA JUGA  Atletico Madrid Dinobatkan Sebagai Juara La Liga 2020-2021

“Operasi ini yang saya katakan tadi adalah corrective surgery itu istilahnya atau operasi korektif. Jadi tidak ada pergantian kelamin yang bukan administrasi tadi. Kalau tadi yang akan kita urus ke Pengadilan Negeri Tondano tadi kan administrasi kependudukannya. Tetapi Manganang adalah laki-laki dan tidak ada pergantian secara fisik yang mungkin tadinya dari organ-organ kelamin wanita menjadi pria. Itulah penegasan saya,” ujarnya.

Facebook Comments

-
Artikel sebelumyaJenderal Andika Perkasa Tegaskan Pemain Voli Putri Serda Aprilia Manganang adalah Seorang Pria
Artikel berikutnyaJenderal Andika Perkasa Sebut Aprilia Manganang Bukan Transgender