Iklan
Iklan

Awas! Aplikasi Ini Ternyata Juga Bisa Mencuri Data Anda di Smartphone

- Advertisement -
Aplikasi pencurian data di smartphone akhir-akhir ini kian memprihatinkan khususnya Android melalui malware.

Zimperium zLAbs, sebuah perusahaan siber menyebut malware bernama GriftHorse sudah mencuri ratusan juta Euro padahal baru aktif selama lima bulan, antara November 2020 dan April 2021.

Modus yang meraka lakukan adalah dengan menawarkan hadiah gratis melalui pencurian data yang sudah dilakukan sebelumnya melalui layanan aplikasi premium.

“Aplikasi Android nakal ini tampak tidak berbahaya saat membaca deskripsinya dan meminta izin akses, tapi rasa percaya diri yang salah ini berubah ketika pengguna ditagih untuk membayar layanan premium setiap bulannya yang mereka ikuti tanpa sepengetahuan dan persetujuan mereka,” ujar Peneliti Zimperium Aazim Yaswant dan Nipun Gupta dalam laporannya, dikutip dari The Hacker News, Jumat (1/10/2021).

Setelah pengguna mengunduh aplikasi berisi GriftHorse (malware), mereka memanfaatkan kelengahan korban dan mendaftarkan nomor korban ke layanan SMS premium berlangganan. Awalnya, malware ini akan memberikan berbagai notifikasi dengan mengiming-imingi hadiah gratis.

Jika korban mengklik notifikasi tersebut, korban akan diarahkan ke laman website khusus yang mendorong korban untuk mengisi nomor telepon dengan dalih verifikasi hadiah. Ternyata nomor telepon itu justru mengarahkan korban untuk berlangganan layanan SMS premium oleh pelaku penipuan.

Layanan SMS premium ini bisa menyedot pulsa korban sebesar 30 euro atau sekitar Rp 500 ribuan (1 euro = Rp 16.572). Setidaknya ada 200 aplikasi Android yang mengandung malware tersebut.

Jutaan korban berasal dari Amerika Serikat, Inggris, Brazil, Australia, India, bahkan Indonesia. Jenis yang sudah diidentifikasi yaitu jenis tools, hiburan, personalisasi, gaya hidup, kencan online dan lain-lain. Salah satunya sudah diunduh lebih dari 500.000 kali.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA