Beranda DAERAH KOTA SAWAHLUNTO Balap Liar di Wisata Kandi Sawahlunto Dibubarkan Polisi

Balap Liar di Wisata Kandi Sawahlunto Dibubarkan Polisi

balap liar,wisata kandi,sawahlunto
Aksi balap liar sekelompok remaja di Kawasan Objek Wisata Kandi atau Jalan H Achmad Noerdin, Desa Sijantang Koto, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto berhasil dibubarkan Kepolisian Resor (Polres) Sawahlunto pada Minggu (27/11) sekitar pukul 00.15 WIB.

Dalam giat tersebut, petugas Polres Sawahlunto juga melakukan penyitaan knalpot racing yang tidak sesuai spesifikasi.

Kapolres Sawahlunto AKBP Purwanto Hari Subekti menuturkan pembubaran aksi balap liar dilakukan secara humanis dengan memberikan sosialisasi dan edukasi.

Ia menyebutkan, Kawasan Taman Wisata Kandi memang kerap dijadikan lokasi balap liar oleh remaja baik yang berasal dari Sawahlunto maupun luar daerah Sawahlunto.

Aksi balap liar tentunya mengganggu kenyamanan warga pengguna jalan dengan suara knalpot sepeda motor membisingkan telinga.

“Akibatnya jalan umum yang dilewati oleh dari Kecamatan Barangin menuju Kecamatan Talawi maupun sebaliknya menjadi tidak jaman untuk dilewati. Ini sangat mengkhawatirkan bagi keselamatan para pengguna jalan maupun bagi diri mereka sendiri,” katanya.

Ia menambahkan, untuk antisipasi kedepannya, pihaknya berupaya menertibkannya dengan melakukan patroli berkala pada waktu atau jam-jam yang berpotensi.

“Kita telah beberapa kali melakukan penindakan hukum berupa penyitaan kendaraan dan knalpot racing,” ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga telah melakukan sosialisasi ke sekolah- sekolah yang ada di Sawahlunto.

Termasuk juga ke tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh adat serta tokoh agama di setiap ada pertemuan di kantor sesa atau kantor kecamatan tentang larangan aksi balap liar.

“Agar mengawasi dan menasehati agar anak, adik, kakak serta keponakan untuk tidak terlibat dalam aksi balap liar,” jelasnya.

Purwanto mengimbau, jika mengetahui dan menemukan aksi balap liar segera melaporkannya ke Polres Sawahlunto dengan cara menghubungi call center 110.

BACA JUGA  Cabuli Pelajar, Seorang Nelayan di Padang Ditangkap Polisi

“Bisa juga melalui akun medsos atau mendatangi kantor kepolisian terdekat,” tutupnya. (Kay)

Artikulli paraprakGelar Razia Pekat, Satpol Agam Sita 90 Liter Tuak
Artikulli tjetëriPhone 15 Pro dan Pro Max Tidak Miliki Tombol Fisik Power dan Volume