Iklan
Iklan

Berikut Tren Laptop 2023 dan Brand Paling Laris di Kuartal II Tahun Ini

- Advertisement -
Tahun 2022 telah mendekati ujung. Sejumlah vendor laptop telah memperkenalkan produk mereka di tahun ini, termasuk pabrikan laptop asal Taiwan, Acer. Mereka bahkan membeberkan tren laptop 2023.

Tren Laptop 2023

Presiden Director Acer Indonesia, Herbet Ang mengatakan, tren laptop di tahun depan akan mengarah ke laptop yang mempunyai layar besar, ringan, dan juga powerful atau kuat.

Herbet mengatakan hal tersebut karena di tahun 2023, sistem kerja hybrid masih akan diterapkan di banyak perusahaan. Bukan hanya di Indonesia, tapi juga berlaku di luar negeri.

“Beberapa posisi masih akan mengusung sistem kerja hybrid 100 persen meskipun pandemi Covid-19 sudah selesai. Untuk bekerja hybrid, dibutuhkan perangkat yang memiliki fitur-fitur khusus,” kata Herbet, dikutip dari Idxchannel, Jumat, 14 Oktober 2022.

“Perangkat seperti apa yang diperlukan? Ya tentu yang punya kayar besar, ringan bobotnya, dan juga powerfull. Itulah tren laptop tahun 2023,” sambung Herbet.

Herbet menilai, ketiga fitur tersebut bakal memudahkan pengguna dalam sistem hybrid.

Khusus laptop berlayar lebar, Herbet menuturkan fitur ini sangat krusial, sebab pekerja dituntut untuk menatap layar dalam waktu yang lama.

“Layar besar tenru akan membuat mata menjadi lebih nyaman. Berbeda dengan layar kecil yang impactnya bisa membuat mata lelah karena screen time yang panjang,” pungkas Herbert.

Perlu diketahui, pada tahun ini, Lenovo menjadi brand laptop yang paling banyak dicari di pasar global.

Selain Lenovo, apa saja merek laptop yang jadi tren pada tahun 2022?

Berdasarkan data dari IDC dan Gartner, ada enam merek laptop yang merajai pasar teknologi di Indonesia. Informasi lengkapnya bisa disimak pada ulasan berikut ini.

6 Merek Laptop Paling Populer Menurut IDC dan Gartner

Perlu diketahui, pada tahun 2022, penjualan PC dan laptop mengalami penurunan akibat pandemi dan tantangan geopolitik.

Penjualan PC tradisional pada kuartal II tahun ini hanya 71,3 unit. Hal ini terjadi karena ada ketidakseimbangan suplai dan permintaan, menyadur Bhinneka.

Adapun daftar merek laptop dan PC yang paling populer di tahun 2022 menurut IDC antara lain:

Lenovo (market share 24,6 persen)

HP (marker share 18,9 persen)

Dell (market share 18,5 persen)

Acer (marker share 6,9 persen)

Apple (market share 6,7 persen).

ASUS (market share 6,6 persen).

Pada kuartal II/2022, peringat pertama merk laptop paling populer masih dipegang oleh Lenovo dengan pangsa pasar 24,6 persen. Posisi kedua dihuni oleh HP, disusul Dell, Acer, apple, dan ASUS.

Sama dengan IDC, menurut Gartner – perusahaan riset dan penasehat global – penjualan PC dan laptop di seluruh dunia juga terkontraksi pada Q2 tahun 2022. Pengiriman PC dan laptop turun 12,6 persen dibanding kuartal kedua tahun 2021.

Penurunan ini terjadi karena berbagai faktor, seperti tantangan geopolitik, ekonomi, dan rantai pasokan yang tidak seimbang pada semua pasar regional.

Tak hanya itu, penuruan penjualan laptop dan PC pada kuartal II 2022 juga disebabkan oleh serangan militer Rusia ke Ukrain, tekanan inflasi pada pengeluaran, dan penurunan tajam pada permintaan chromebook.

Gartner kemudian membagikan sejumlah merek laptop yang paling laris di kuartal II/2022. Adapun daftarnya sebagai berikut:

Lenovo (market share 24.8 persen)

HP (market share 18.8 persen)

Apple (market share 8,8 persen)

Acer (market share 7,1 persen)

ASUS (market share 6,6 persen).

Demikianlah informasi seputar tren laptop 2023 dan brand laptop yang paling populer di tahun ini.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA