Iklan
Iklan

Bhinneka Culture Festival Digelar 4 Hari, Ini Kata Eros Djarot

- Advertisement -
Bhinneka Culture Festival yang diselenggarakan oleh Gerakan Bhinneka Nasionalis (GBN) resmi dibuka pada Rabu (28/9/2022).

Pembukaan Bhinneka Culture Festival dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD yang juga dihadiri oleh Bambang Soesatyo Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI)

Menurut Erros, maksud dan tujuan diselenggarakannya Bhinneka Culture Festival adalah untuk memperkuat nilai-nilai kebhinnekaan, kebangsaan, dan nasionalisme Indonesia serta menjadi wadah para musisi dalam berkreasi.

Bhinneka Culture Festival
Eros Djarot Ketuam Umum GBN dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD Foto: Eny

“Kebudayaan itu adalah salah satu ekspresi ruang kesenian, musik tari dan sebagainya  nah kita gelar disini festival musik indie, musik yang bukan dari perusahaan besar. Mereka inikan selama Covid-kan tidak punya ruang ya. Dan penghasilannya juga habis. Nah untuk itu kita buka acara ini. Tujuan kita adalah satu paling tidak anak-anak muda punya ruang kreasi, “kata Eros Djarot Ketua Umum GBN, saat pembukaan Bhinneka Culture Festival di Gedung GBN, Jakarta Pusat, Rabu (27/9/22).

“Bhinneka Music Festival yang ada di Bhinneka Culture Festival ini memberikan wadah bagi para musisi tanah air dengan karya genuine/karya sendiri lewat jalur festival, Industri musik dalam Negeri harus jadi tuan rumah di negeri sendiri. Musik dan rasionalisme satu kesatuan yang seharusnya tidak terpisahkan

Acara Yang di Gagas oleh Penggagas Syamsunar dan Budi Putra memilih Peserta Bhinneka Musik Festival melalui kurasi yang ketat.

Bhinneka Culture Festival

“Awal kita buka pendaftaran sekitar 20 peserta, pesertanya hanya Jawa aja, tak hanya musik kita ada lukisan dan sebagainya. Nah dihari terakhir kita akan gelar wayang kulit pada Sabtu malam Minggu. Acara ini mulai tanggal 28 September 2022 Hingga 1 Oktober 2022,”tambah Eros Djarot.

“Merak wajib bawakan lagu ciptaan sendiri dan satu lagu daerah yang mereka gubah musiknya. Kursinya atau pemilihannya para band kirim ya sampel sampel gitu ya, kita lihat dan kita kurasi dan akhirnya terpilih 30-35 peserta untuk lomba festival musik ini.”kata Eros Djarot.

Acara ini direncanakan akan dilakukan setiap tahunnya oleh GBN namun dengan konsep yang berbeda dan di daerah lainnya.

Bhinneka Culture Festival
Bambang Soesatyo Ketua MPR RI – Eros Djarot/ Foto: Eny

“Ya rencananya akan kita adakan setiap tahun dan di daerah – daerah sama temen-temen hotel d

Dalam acara festival yang sebagian besar dihadiri anak muda ini, Eros Djarot meminta Mahfud MD memberikan pesan moral terhadap anak muda dalam menjaga kebhinekaan.

“Kita minta pak Mahfud memyampaikan apa pesan-pesan bagi anak-anak muda dan generasi muda. Nanti kami juga minta bapak juga menyampaikan pesan-pesan bagi para musisi dan seniman lukis,” lanjut Eros.

Bhinneka Culture Festival
Band Yang Tampil /Foto: Eny

Sementara itu, Mahfud dalam sambutannya menyampaikan, ke depan Indonesia perlu menjadikan budaya sebagai panglima.

“Sekarang ada yang usul, gimana kalau ke depan menjadikan budaya sebagai panglima kehidupan kita. Inilah relevansinya pada acara hari ini, kita diingatkan bahwa kita punya budaya adiluhung, hidup bersama di dalam keberbedaan,” tutup Mahfud.

Acara ini tak hanya memperoleh hadiah dalam bentuk uang dengan Total hadiah 38 jutaan peserta juga diberikan kesempatan utk mengekspresikan karya musikal di gedung GBN, yang memang diperuntukkan sebagai rumah bagi para pekerja seni, kebudayaan dan musik.

Bhinneka Culture Festival
Foto: Eny

Total Hadiah dalam Acara ini Total hadiah 38.880.000, berupa  Trophy, Sertifikat, Uang:  Juara 1 Sebesar Rp10.000.000, Juara 2 Sebesar Rp7.500.000, Juara 3 Sebesar  Rp6.000.000. Ada Kategrori Best player gitar, best vocal, best player bass, best player keyboard, best player drum dimana Masing – masing mendapatkan uang sebesar Rp.1,5juta. (EH)

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA