Iklan
Iklan

Bupati Kepulauan Sula Diteriaki Pedagang, Gara-Gara Utang Tak Kunjung Dibayar

- Advertisement -
Nama Bupati Kepulauan Sula, Maluku Utara, Fifian Adeningsi Mus kini tengah ramai diperbincangkan. Setelah seorang pedagang marah-marah meneriaki Fifian sembari menagih utang.

Peristiwa itu terjadi saat Bupati Kepulauan Sula ini melakukan kunjungan ke pasar Makdahi untuk memantau ketersediaan bahan pokok jelang lebaran.

Video saat Fifian Adeningsi Mus diteriaki pedagang itu kini viral di media sosial. Namun, belum diketahui berapa banyak utang yang dimiliki orang nomor satu di Kabupaten Sula itu.

Berdasarkan Informasi yang beredar, Fifian Adeningsi Mus memiliki utang sekitar 338 Juta sejak tahun 2020 dan baru dibayar pada tahun 2022. Namun, kabarnya hutang-hutang tersebut belum dibayar hingga lunas dan tersisa sebesar 85 Juta.

Video pedagang yang menagih hutang Bupati Kepulauan Sula itu sontak viral di media sosial dan kini banyak warganet yang penasaran siapa sebenarnya sosok Fifian Adeningsi Mus.

Fifian Adeningsi Mus merupakan seorang politikus yang memulai karir politiknya dari Partai Golongan Karya, namun pada Juni 2022 yang lalu ia bergabung dengan PDI Perjuangan.

Wanita kelahiran Gela, Taliabu Utara 8 September 1984 itu menjabat sebagai Bupati Kepulauan Sula periode 2021-2024.

Bersama wakilnya, Saleh Marasabessy, mereka berhasil memenangkan Pemilihan umum Bupati Kepulauan Sula pada tahun 2020 lalu.

Fifian Adeningsih Mus dan Saleh Marasabessy dilantik berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.82-1202 Tahun 2021, Tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Hasil Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020 di Kabupaten dan Kota Provinsi Maluku Utara.

Fifian Adeningsih Mus diketahui menjadi kepala daerah perempuan pertama di Provinsi Maluku Utara.

Sebelum menjabat sebagai Bupati, Fifian pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pulau Taliabu.

Fifian Adeningsih Mus merupakan anak perempuan satu-satunya dari Muhammad Taher Mus.

Dia memiliki tiga orang kakak laki-laki, dimana ketiganya juga menjabat sebagai Bupati di lingkungan Pemprov Maluku Utara.

Kakak laki-lakinya itu adalah, Aliong Mus menjabat sebagai Bupati Pulau Taliabu, Zainal Mus menjabat sebagai Bupati Banggai Kepulauan, dan Ahmad Hidayat Mus yang pernah menjabat sebagai Bupati Kepulauan Sula selama dua periode.

Fifian Adeningsih Mus memulai pendidikannya di SD Al-Hilal Bobong.

Kemudian ia melanjutkan sekolah menengahnya di SMP Negeri 1 Taliabu Barat dan SMA Negeri 1 Taliabu Barat, Pulau Taliabu.

Alumni S1 Ilmu Hukum Universitas Ibnu Khaldun Bogor tersebut sebelumnya sempat menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas ESDM, dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pulau Taliabu sebelum akhirnya terpilih menjadi Bupati Kepulauan Sula.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA