Beranda DAERAH Bupati Rusma Yul Anwar Tolak Beli Mobil Dinas Baru

Bupati Rusma Yul Anwar Tolak Beli Mobil Dinas Baru

Rusma Yul Anwar
Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Rusma Yul Anwar agaknya patut dicontoh kepemimpinannya, karena Rusma Yul Anwar menolak membeli mobil dinas baru dan perabot rumah tangga di rumah dinas yang ditempatinya.

Sebelumnya, Rusma Yul Anwar dilantik sebagai Bupati pada Jumat 26 Februari 2021 lalu oleh Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi di Auditorium Gubernur di Padang

Keputusan yang diambil oleh Bupati Rusma Yul Anwar, terpilih pada Pilkada 9 Desember 2020 lalu, membuat masyarakat Pesisir Selatan terkesima. Karena, alasan yang diambil, Rusma Yul Anwar sungguh diluar dugaan.

Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar mengatakan, Alasan dirinya menolak untuk membeli mobil dinas baru dan perabot rumah tangga, karena dinilai anggaran untuk membeli kedua fasilitas itu bisa dialihkan untuk kepentingan masyarakat Pesisir Selatan.

“Mobil dinas dan perabot rumah tangga itu sudah saya pakai sejak menjadi Wakil Bupati, Nah kedua fasilitas itu saya gunakan disaat saya menjabat Bupati saat ini, Kedua anggaran fasilitas itu bisa digunakan untuk keperluan masyarakat di Pesisir Selatan. Saya menjadi Bupati hanya untuk kepentingan masyarakat yang sudah tertindas dalam keterpurukan kemiskinan dan perekonomian masyarakat sangat sulit. Saya menjadi Bupati bukan untuk bersenang-senang apalagi untuk gagah-gagahan,” ujarnya dengan nada tegas.

Menurut mantan Kepala Dinas Pendidikan itu, dalam kondisi pandemi Covid-19 ini perekonomian masyarakat sangat terpuruk angka kemiskinan Pessel itu bertambah. Sehingga anggaran yang semulanya untuk membeli mobil dinas baru dan perabot rumah tangga di rumah dinas Bupati itu, bisa dialihkan untuk digunakan keperluan masyarakat.

“Mobil dinas saya pakai itu dan perabot rumah tangga yang ada di rumah dinas Bupati itu fasilitas sewaktu saya menjadi Wakil Bupati, kalau masyarakat tidak percaya silahkan dicek, karena rumah dinas Bupati itu terbuka lebar untuk siapa saja,” ujarnya lagi.

Baginya melihat kondisi mobil dinas lama itu masih layak untuk digunakan, sehingga tidak perlu untuk mengeluarkan anggaran yang besar untuk membeli mobil dinas baru dan perabot rumah tangga baru.

Ia menambahkan, saat ini semua daerah kesulitan dengan anggaran di tengah wabah Covid-19. Bahkan akan ada lagi Refocusing (Pergeseran Anggaran) untuk kepentingan penanggulangan Covid-19.

Dalam kesempatan itu, Plt Kepala Bagian Umum Pemkab Pessel, Plt Oriza Dharma, membenarkan Bupati lebih memilih perabot rumah tangga yang lama sewaktu beliau menjabat Wakil Bupati.

“Saya sebagai Plt Kabag Umum menawarkan fasilitas kepada beliau dan beliau menolak, saya memang terkasima waktu itu, dan belum beralasan anggran itu bisa digunakan untuk kepentingan masyarakat,” jelas Oriza.

Disinggung soal Mobil dinas, Oriza menjawab, Soal pengadaan mobil bukan gawaian bagian umum, namun kata Oriza, Beliau (Bupati) juga menolak untuk menggunakan mobil dinas baru. Beliau lebih memilih mobil Toyota Fortuner yang lama untuk dipasangkan kembali BA 1 G,” tutupnya. (Kay)

Facebook Comments