Iklan
Iklan

Cara Gunakan Aplikasi Threads Mirip dengan Twitter

- Advertisement -
Aplikasi Threads kini telah dikembangkan oleh tim Instagram dan telah resmi dirilis ke publik oleh CEO Meta, Mark Zuckerberg, pada Kamis, 6 Juli 2023.

Aplikasi Threads menawarkan pengalaman berbagi konten tulisan yang lebih nyaman dengan berbagai fitur yang tersedia. Bahkan, Threads juga berada di bawah Meta, yang menjadi induk dari platform media sosial Instagram, Facebook, dan WhatsApp.

Kehadiran Aplikasi Threads menjadi angin segar di kalangan pengguna media sosial di tengah-tengah berbagai pembatasan yang dilakukan oleh Elon Musk terhadap Twitter. Selain itu, Threads juga mengambil cara kerja yang hampir sama dengan aplikasi berlogo burung biru tersebut.

Bagaiman cara menggunakan Aplikasi Threads?

Cara Membuat Akun Threads

Untuk dapat menggunakan dan menikmati layanan dari aplikasi Threads, Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Tetapi sebelum itu, pastikan Anda telah memiliki akun Instagram untuk dihubungkan kepada akun Threads. Pasalnya, akun Instagram merupakan induk dari akun Threads dan keduanya akan terhubung satu sama lain.

Adapun cara untuk membuat akun Threads adalah sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi Threads Instagram melalui App Store atau Google Play Store.
  • Setelah itu, buka aplikasi dan Threads akan secara otomatis terhubung dengan Instagram.
  • Lakukan registrasi dengan masuk menggunakan akun Instagram yang tersedia. Anda dapat memilih menu ‘Switch Account’ atau ‘Ganti Akun’ untuk menyesuaikan profil Instagram yang digunakan untuk Threads bila memiliki lebih dari satu akun Instagram.
  • Lengkapi ‘Bio’ dan ‘Link’ atau klik opsi ‘Import from Instagram’ untuk menyalin informasi dari profil Instagram.
  • Klik ‘Continue’ atau ‘lanjutkan’.
  • Setelah itu, pilih tipe akun Threads Anda, klik ‘Public Profile’ untuk akun publik atau pilih ‘Private profile’ untuk akun privasi yang dikunci.
  • Pilih akun dari pengguna Instagram yang ingin diikuti kemudian klik ‘Next’ di pojok kanan atas layar.
  • Klik ‘Join Threads’ atau ‘Gabung dengan Threads’ untuk memulai pengalaman baru di aplikasi hasil pengembangan tim Instagram tersebut.

Keunggulan Threads

Secara umum, tampilan Threads mirip dengan Twitter. Tetapi, yang membedakan adalah beragam fitur-fitur yang disediakan di dalamnya. Misalnya, untuk konten teks dalam satu unggahan, pengguna dapat mengunggah sebanyak 500 karakter. Jumlah ini tentu lebih banyak dibanding Twitter yang hanya memberikan 280 karakter untuk setiap unggahan bagi pengguna reguler.

Keunggulan lain dari aplikasi buatan Meta ini adalah pengguna yang dapat mengunggah konten teks dengan video berdurasi maksimal 5 menit dan 20 foto secara bersamaan. Selain itu, pengguna juga bisa membagikan unggahan Threads ke Story Instagram atau platform lain dalam bentuk Link.

Sementara itu, bagi pengguna di bawah 16 tahun, Instagram membuat peraturan dasar untuk menjadikan akun Threads pengguna bersifat privat. Jadi, pengguna hanya bisa memperlihatkan unggahan kepada pengikut tertentu saja. Untuk dukungan privasi, pengguna dapat mengontrol mention dan orang bisa membalas unggahan Threads-nya. Tak hanya itu, Threads juga dapat menyaring kata tertentu yang tidak diinginkan agar tidak muncul di halaman.

Bagi akun yang dianggap meresahkan, pengguna juga dapat melakukan unfollow, blok, dan melakukan pelaporan. Selain itu, akun yang diblokir pengguna di Instagram juga akan diblokir secara otomatis di Threads.

Fitur-Fitur Lain dari Threads

Selain berbagai keunggulan di atas, Threads juga memiliki beragam fitur lain yang dapat dinikmati oleh pengguna. Berikut beberapa fitur yang ada di aplikasi tersebut:

  • Fitur shortcut enter tiga kali. Jika ingin membuat banyak unggahan sekaligus, Anda dapat membuat Threads bersambung dengan menggunakan fitur shortcut enter sebanyak tiga kali. Hasilnya, unggahan akan tersambung secara otomatis satu sama lain.
  • Kolom komentar dan ikon likes. Sama seperti media sosial lain, Threads juga menyediakan kolom komentar dan ikon likes pada setiap unggahan penggunanya.
  • Notifikasi pada tab Activity. Setiap interaksi pengguna dengan followers di aplikasi Threads akan muncul pada tab Activity. Nantinya, notifikasi akan terbagi dalam empat kategori sesuai jenis interaksi yang dilakukan, yakni All, Mention, Replies, dan Verified.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA