Iklan
Iklan

Cara Main Lato-Lato yang Viral di Aplikasi TikTok

- Advertisement -
Lato-lato dikenal sebagai salah satu permainan yang ikonik di era 90-an, terutama bagi yang tinggal di daerah pedesaan. Baru-baru ini, mainan jadul tersebut kembali marak dimainkan usai viral di media sosial, khususnya di TikTok.

Banyak pengguna TikTok yang membagikan video saat mereka sedang asyik memainkan mainan lato-lato tersebut. Tak sedikit pula yang memberitahu cara mainnya hingga tipsnya agar cepat andal.

Di daerah Makassar, permainan ini bahkan kerap kali dilombakan. Siapa yang berhasil memainkannya paling lama tanpa gagal, dialah pemenangnya.

Lato-lato sendiri merupakan permainan sederhana yang terdiri dari sepasang bola kecil dan seutas tali. Bagi yang ingin ikut memainkannya, berikut cara mainnya yang bisa dijadikan sebagai panduan.

Cara Main Lato-Lato

Seperti yang dijelaskan, permainan ini merupakan permainan tradisional yang terdiri dari dua buah bola warna-warni berbahan kayu atau plastik. Kedua bola seukuran bola bekel tersebut dihubungkan dengan seutas tali yang memiliki warna senada.

Cara mainnya sebenarnya cukup mudah. Pemain hanya perlu menggoyangkan tangan untuk menyeimbangkan dua bola sehingga saling beradu atau berbenturan. Benturan antara kedua bola tersebut akan menimbulkan bunyi yang unik dan khas.

Meski terdengar mudah, cara mainnya mungkin sulit dilakukan oleh pemula. Selain itu, jika dimainkan dengan cara yang salah, bolanya justru akan mengenai tangan dan melukainya. Sebagai panduan, berikut tutorial main yang dapat diikuti: dikutip dari kumparan.

  1. Pastikan kedua bola berada di posisi yang sama alias seimbang.
  2. Jepit bagian tengah tali lato-lato di antara jari tangan. Gunakan jari tangan yang paling nyaman, misalnya antara jari telunjuk dan jari tengah.
  3. Setelah dirasa nyaman, pantulkan lato-lato dengan cara menggerakkan atau menggoyangkan tangan ke atas dan bawah dari pelan hingga cepat.
  4. Goyangkan tangan terus sampai lato-lato saling beradu dan menimbulkan bunyi berulang-ulang.
  5. Apabila sudah mengetahui ritmenya, Anda bisa mencoba berbagai trik untuk menghasilkan bunyi yang sesuai dengan keinginan. Misalnya, bunyi tepuk pramuka, helikopter, dan lain sebagainya.

Permainan ini bisa menjadi cara bagi orang tua untuk mengatasi anak yang kecanduan gadget. Dengan memainkannya, anak akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk bermain secara langsung, bukan dari layar HP.

Selain mencegah ketergantungan pada ponsel, permainan lato-lato yang sederhana juga bermanfaat untuk membantu melatiih keseibangan gerak otot tangan, melatih kesabaran, hingga membuat pikiran jadi lebih tenang.

Namun, permainan ini tetap harus dimainkan dalam pengawasan orang tua. Jika tidak, alih-alih bermanfaat, justru bisa menyebabkan memar atau luka yang lebih parah pada anak.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA