Beranda Indeks Top Ceramah Ustaz Khalid Basalamah Tentang Tradisi Sungkem Agar Dihindari Menuai Sorotan

Ceramah Ustaz Khalid Basalamah Tentang Tradisi Sungkem Agar Dihindari Menuai Sorotan

Ustaz Khalid Basalamah
Video ceramah ustaz Khalid Basalamah yang membahas tentang tradisi sungkem kepada orang tua saat lebaran harus dihindari kini beredar dan bahkan menuai sorotan.

Unggahan video ceramah ustaz Khalid Basalamah tersebut muncul di akun TikTok @extragenbengku belum lama ini.

Dalam video berdurasi singkat itu ustaz Khalid Basalamah tengah menjawab pertanyaan jemaahnya seputar hukum sungkem saat lebaran.

“Bagaimana hukum sungkeman kepada orang tua saat lebaran? Lebih baik dihindari, karena ada gerakan sujud, ruku, seperti gerakan ibadah kepada Allah,” Ujar Khalid Basalamah.

“Salaman kepada orang tua boleh cium tangan dengan menundukkan kepala nggak masalah. Tapi kalau untuk menundukkan kepala sampai ke dekat kaki lebih baik dihindari,” imbuhnya.

Khalid Basalamah kemudian menjelaskan alasan tradisi sungkeman harus dihindari lantaran dilarang oleh Nabi Muhammad dalam salah satu hadistnya.

“Karena Mu’adz bin Jabal dalam hadist bukhori, saat pulang dari Yaman dan dia bertemu dengan Rasulullah. Mu’adz langsung turun dari untanya dan sujud di depan kaki nabi seperti tradisi sungkeman,”

“Kata nabi, kenapa kamu Mu’adz lakukan hal itu? Ya Rasulullah, semua orang di Yaman kalau menokohkan satu orang pasti dia lakukan ini. Kata Nabi, tidak Mu’adz, kalau orang boleh sujud kepada selain Allah, saya akan suruh istri sujud kepada suaminya,” ujar Khalid Basalamah.

Unggahan video ustaz Khalid Basalamah tersebut langsung dibanjiri komentar warganet. Sebagian besar dari mereka justru tidak sependapat dengan ulama berusia 46 tahun tersebut.

 

Facebook Comments

Iklan
Artikulli paraprakMemilih Tempat Rehabilitasi Narkoba Agar Efektif Bagi Kesembuhan Anda
Artikulli tjetërLiverpool Lolos ke Final Liga Champions Usai Menang Dramatis 3-2 dari Villarreal