Iklan
Iklan

ChatGPT Ancam Keberadaan Google Sebagai Mesin Pencari

- Advertisement -
Keberadaan Google sebagai mesin pencari makin terancam. Berdasar laporan terbaru, platform AI seperti ChatGPT saat ini banyak digunakan untuk menjawab pertanyaan.

“Masyarakat hanya menggunakan sistem AI untuk menjawab pertanyaan. Hal ini mengesankan, chatbot seperti ChatGPT, Microsoft Bing, dan Google Bard bisa menggantikan mesin pencari. Belum jelas apakah ini lebih baik atau buruk,” ujar tim Vox Media’s Insights and Research, dan perusahaan konsultan riset The Circus, dikutip dari laporan The Verge, Sabtu (1/7/2023).

Laporan itu menunjukkan, mayoritas pengguna platform AI memanfaatkan teknologi tersebut untuk menjawab pertanyaan, yakni sebanyak 68%.

Sebagai catatan, penelitian mengambil sampel lebih dari 2.000 warga Amerika. Sebanyak 54% mengaku menggunakan layanan AI generatif seperti ChatGPT untuk bertukar pikiran (brainstroming).

Banyak pula yang menggunakan AI untuk membuat karya seni. Tercatat penggunaan AI terkait foto sebanyak 37%, musik (31%), video (31%), desain (29%), membuat cerita (29%), hingga artwork (27%).

Di situ juga disinggung soal kekhawatiran penggunaan seni dengan AI. Mayoritas dari hasil survei (70%) mengatakan artis harus mendapatkan kompensasi jika ada AI yang meniru atau mengkloning karya mereka

Namun, ChatGPT cs tidak banyak yang menggunakannya untuk kebutuhan profesional. Seperti, hanya 26% yang menggunakan AI untuk analisa data, email (25%), unggahan blog (19%), coding (18%), dan lirik (18%).

Apa itu ChatGPT?

Chat GPT (Generative Pre-training Transformer) adalah kecerdasan buatan yang cara kerjanya memakai format percakapan. Teknis sederhananya adalah seperti kita bertanya dengan guru di kelas, tetapi di Chat GPT kamu bertanya kepada AI dan secara otomatis memperoleh jawaban dalam waktu singkat.

Tenang saja, Chat GPT tidak akan membalasmu dengan,

 “Kamu nanya? Kamu bertanya-tanya?” seperti Alif Cepmek ya.

Namun, Chat GPT secara otomatis akan men-generate jawaban dari pertanyaan kamu sesuai dengan database yang dimiliki.

Chat GPT merupakan produk dari perusahaan AI non profit bernama Open AI yang didirikan pada tahun 2015. Open AI diinisiasi oleh Elon Musk dan sejumlah tokoh terkenal di Silicon Valley, San Francisco, California seperti Reid Hoffman dan Sam Altman. Produk semacam chatbot diklaim bisa melakukan berbagai macam tugas dalam waktu singkat.

Tugas-tugas yang ditanyakan kepada Chat GPT umumnya seputar pekerjaan (misalnya membuat rumus excel, kode-kode coding, adan lainnya), pendidikan (membuat soal matematika dan jawabannya, membuat makalah/paper, dan lainnya) dan juga hal-hal yang receh (misalnya membuat jokes).

Kelebihan ChatGPT

1. Kecepatan dalam memberikan jawaban dan sifatnya sangat responsif.

2. Jawaban yang disajikan cukup menggunakan bahasa yang mudah dipahami, lho!

Kekurangan ChatGPT

1. Karena input yang dilakukan sebelumnya oleh manusia, sehingga jawaban yang ada hanya berlandaskan hal tersebut. Jadi, kredibilitas dan keabsahan jawabannya tidak bisa kamu jadikan landasan sepenuhnya, ya!

2. Saat ini kamu masih terbatas mencari informasi di Chat GPT ini karena adanya keterbatasan kueri yang dimasukkan. Kamu hanya bisa mencari informasi maksimal tahun 2021.

3. Sifat alamiah robot, yakni untuk beberapa perntanyaan kadan kurang kontekstual seperti seperti yang kita inginkan. Hasilnya adalah jawaban yang sangat umum dan bahkan tidak menjawab yang kita cari atau butuhkan.

Manfaat ChatGPT

1. Penyedia informasi

Fungsi utama dari Chat GPT adalah pemberi informasi. Yaps, dengan mengajukan pertanyaan tentang topik yang diinginkan menggunakan kata-kata kunci yang kemudian akan menjadi “prompts” atau perintah. Sayangnya, untuk saat ini, Chat GPT hanya mampu merekam informasi hingga maksimal tahun 2021, sehingga kamu belum bisa memperoleh informasi terbaru selain di kurun waktu tersebut.

2. Pemberi saran

Selain memberikan informasi, Chat GPT juga mampu menjadi tempat pemberi saran yang baik. Yaps, sederhananya jika kamu ingin pergi dan bingung ingin memakai outfit apa, Chat GPT bisa memberikan saran tentang outfit tertentu, tempat makan yang disesuaikan dengan keinginanmu (murah, lokasi, tema), sampai rekomendasi film terbaru.

3. Meningkatkan produktivitas

Tugas-tugas kamu dapat diselesaikan dengan cepat dengan Chat GPT. Hal ini akan mendorong kamu menjadi lebih produktif. Beberapa tugasmu dapat lebih mudah selesai dengan dibantu Chat GPT. Namun, perlu diingat, kelemahan Chat GPT ada di keakuratan datanya. Sehingga, kamu harus memeriksa kembali jawaban yang diberikan.

Cara Pakai ChatGPT

Cara menggunakan Chat GPT sangatlah mudah. Jika kamu belum tahu dan ingin mencobanya, kalian bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka browser dan ketik situs Open AI.
  • Kemudian, klik ‘Sign Up’ dan silahkan aktivasi akun pribadimu (Registrasi ini dapat dilakukan dengan EmailGoogle Account atau Microsoft Account).
  • Setelah itu, masukkan nomor pribadimu yang sedang aktif, karena nanti akan ada kode verifikasi yang dikirimkan.
  • Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan, tunggu beberapa saat, dan kamu akan langsung dialihkan ke dashboard Chat GPT
  • Terakhir, kamu tinggal memasukkan pertanyaan yang diinginkan dan tunggu sampai Chat GPT selesai men-generate pertanyaan kamu.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA