Iklan
Iklan

China Minta Apple Hapus Aplikasi Al-Quran

- Advertisement -
Apple telah menghapus salah satu aplikasi Alquran paling populer di dunia di China, setelah permintaan dari pemerintah.

Aplikasi Quran Majeed tersedia di seluruh dunia di App Store – dan telah mendapatkan 150.000 ulasan.

Namun, Apple menghapus aplikasi tersebut atas permintaan pejabat China, karena “menampung teks-teks keagamaan ilegal”, kata perusahaan itu.

Penghapusan aplikasi itu pertama kali diketahui oleh situs Apple Censorship – sebuah situs web yang memantau keadaan aplikasi di App Store Apple secara global.

Partai Komunis China secara resmi mengakui Islam sebagai agama di negara tersebut.

Namun, negara tersebut menghadapi laporan telah melakukan pelanggaran hak asasi manusia, dan bahkan genosida, terhadap kelompok etnis Uyghur yang sebagian besar Muslim di Xinjiang.

china apple al quran

Awal tahun ini muncul laporan bahwa para imam Uyghur menjadi sasaran dalam tindakan kekerasan di Xinjiang.

Kebijakan Hak Asasi Manusia Apple menyatakan: “Kami diharuskan untuk mematuhi undang-undang setempat, dan terkadang ada masalah kompleks yang mungkin tidak kami setujui dengan pemerintah.”

Namun, tidak jelas aturan apa yang dilanggar aplikasi itu. Quran Majeed mengatakan mereka “dipercaya oleh lebih dari 35 juta Muslim di seluruh dunia”.

Bulan lalu, Apple dan Google menghapus aplikasi pemungutan suara yang dirancang oleh pemimpin oposisi Rusia yang dipenjara Alexei Navalny.

Pihak berwenang Rusia mengancam akan memberlakukan denda kepada kedua perusahaan tersebut jika mereka menolak untuk menghapus aplikasi tersebut, yang memberi tahu pengguna siapa yang dapat menggulingkan kandidat partai yang berkuasa.

china apple al quran

China merupakan salah satu pasar terbesar bagi Apple, dan rantai pasokan perusahaan itu sangat bergantung pada manufaktur dari negara tersebut.

Kepala eksekutif Apple Tim Cook telah dituduh munafik oleh politisi di AS karena berbicara tentang politik Amerika, tetapi tetap diam tentang China.

Cook mengkritik kebijakan Donald Trump yang menerapkan larangan terhadap tujuh negara mayoritas Muslim pada tahun 2017.

Namun, ia juga dituduh mematuhi pemerintah atas penyensoran – dan tidak secara terbuka mengkritiknya atas perlakuannya terhadap minoritas Muslim.

The New York Times melaporkan awal tahun ini bahwa Apple menghapus aplikasi jika dianggap terlarang oleh pemerintah. Topik yang tidak dapat didiskusikan aplikasi termasuk Lapangan Tiananmen, gerakan spiritual Tiongkok Falun Gong, Dalai Lama, dan kemerdekaan untuk Tibet dan Taiwan.

china apple al quran

Aplikasi keagamaan populer lainnya, Aplikasi Alkitab Olive Tree, juga dihapus minggu ini di China – tetapi Apple mengatakan itu ditarik oleh perusahaan.

Benjamin Ismail, direktur proyek di Apple Censorship, mengatakan: “Saat ini Apple sedang diubah menjadi biro sensor Beijing.

“Mereka perlu melakukan hal yang benar, dan kemudian menghadapi reaksi apa pun dari pemerintah.”

Pada hari Kamis, Microsoft mengatakan menutup jaringan sosialnya, LinkedIn, di China, mengatakan harus mematuhi negara itu menjadi semakin menantang.

Keputusan itu diambil setelah situs jejaring karir itu menghadapi pertanyaan karena memblokir profil beberapa jurnalis.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA