Iklan
Iklan

Daftar Perlengkapan Bayi yang Perlu Dibawa saat Melahirkan

- Advertisement -
Menjelang melahirkan, Anda mungkin diliputi perasaan campur aduk. Salah satunya dengan menyibukkan diri melalui berbagai kegiatan positif. Misalnya membaca buku seputar menyusui, berolahraga, atau menyiapkan perlengkapan bayi, terutama apa saja barang penting yang perlu dibawa ke rumah sakit saat melahirkan nanti.

Lantas apa aja sih perlengkapan bayi yang perlu dibawa? Yuk, simak biar tak perlu bawa barang berlebihan, dikutp dari kumparan.

5 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Dibawa ke Rumah Sakit

Meski beberapa rumah sakit biasanya menyiapkan perlengkapan bayi baru lahir, Anda tetap perlu membawa perlengkapan sendiri. Sebab si kecil akan membutuhkannya saat ia pulang nanti.

  1. Pakaian bayi

Berapa banyak sih pakaian bayi baru lahir yang harus dibawa? Pertanyaan ini kerap diajukan para ibu baru.

Ya Moms, tidak perlu membawa semua pakaian bayi ke rumah sakit. Setidaknya siapkan 3-5 potong baju bayi seperti jumper atau baju terusan untuk dikenakan saat ia berada di ruang perawatan dan  1 potong baju untuk perjalanan pulang ke rumah.

Anda bisa membawa pakaian jenis jumper atau baju terusan, celana panjang dan celana pendek bayi, serta kaus sebagai atasannya.

  1. Kain Bedong

Bayi baru lahir masih belum mampu untuk mengatur suhu tubuhnya. Penggunaan bedong dapat membantu mengatur suhu tubuh bayi dan memastikannya tetap hangat, terutama di malam hari. Terlebih lagi, biasanya suhu ruangan di rumah sakit sangat dingin.

Selain itu, penggunaan kain bedong pada bayi baru lahir dapat menciptakan kembali perasaan aman dan nyaman seperti di dalam di rahim.

Untuk itu, Anda perlu menyiapkan setidaknya 3 kain bedong untuk dibawa. Pastikan kain bedong tersebut terbuat dari bahan katun yang lembut.

Meski begitu, pastikan Anda tidak membedongnya dengan ketat ya, Moms.

  1. Popok Bayi

Pada dasarnya, penggunaan popok sekali pakai (pospak) atau popok kain merupakan kebebasan setiap ibu. Hal yang penting adalah jangan sampai lupa membawanya ke rumah sakit untuk si kecil.

Bawalah setidaknya satu bungkus popok sekali pakai atau atau 10 pcs popok kain atau lebih. Sebab, frekuensi buang kecil dan besar pada bayi baru lahir masih tinggi alias sering. Untuk memastikannya, Anda bisa mengecek popok bayi tiap 2-3 jam sekali. Jika popok sudah terisi penuh, harus segera diganti untuk mencegah ruam kulit.

  1. Selimut

Saat sedang tidak memakaikan bayi bedong, Anda bisa menyelimuti bayi. Siapkan setidaknya 1 selimut untuk yang bisa digunakan saat di rumah sakit maupun saat perjalanan pulang ke rumah.

  1. Pompa ASI

Setelah lahir, bayi memang sangat disarankan untuk menyusu langsung dari payudara ibu. Namun, untuk mengantisipasi hal-hal tak terduga di awal kelahiran–seperti bayi belum bisa menyusu langsung, tak ada salahnya untuk membawa pompa ASI.

Penggunaan pompa ASI juga bisa menghindari pembengkakan di payudara akibat sesi menyusui yang belum teratur atau ketika posisi bayi masih kurang tepat saat menyusu.

Selain pompa ASI, penting juga membawa cup feeder. Ya, Moms, penggunaan dot pada bayi baru lahir tidak disarankan untuk mencegah si kecil bingung puting. Bila hal itu terjadi, risikonya bayi bisa  jadi tidak ingin menyusu langsung.

Itulah beberapa perlengkapan bayi baru lahir yang penting dibawa ke rumah sakit. Biar lebih mudah, simpanlah peralatan tersebut di tas besar, bisa koper atau travel bag, agar mudah disusun dan dibawa.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA