Iklan
Iklan

Dakwaan Pemakzulan Donald Trump Dibawa ke Senat

- Advertisement -
Dewan Perwakilan Rakyat AS menyampaikan dakwaan mantan Presiden Donald Trump menghasut pemberontakan dalam pidatonya kepada para pendukung sebelum serangan mematikan di Capitol kepada Senat pada hari Senin, yang memulai persidangan pemakzulan keduanya.

Sembilan anggota DPR dari Demokrat yang akan menjabat sebagai jaksa dalam persidangan Donald Trump, didampingi oleh juru tulis DPR dan penjabat sersan bersenjata, membawa dakwaan terhadap Trump ke Senat dalam prosesi khidmat di Capitol.

Mengenakan masker untuk melindungi dari COVID-19, mereka mengajukan melalui Capitol Rotunda yang penuh hiasan dan masuk ke ruang Senat, mengikuti jalan yang diambil oleh massa pendukung Donald Trump pada 6 Januari ketika mereka bentrok dengan polisi.

donald trump

Setibanya di Senat, kepala manajer pemakzulan DPR, Jamie Raskin, membacakan dakwaan tersebut. “Donald John Trump terlibat dalam kejahatan dan pelanggaran dengan menghasut kekerasan terhadap pemerintah Amerika Serikat,” katanya.

Sepuluh Anggota DPR dari Partai Republik bergabung dengan Demokrat dalam pemungutan suara untuk memakzulkan Trump pada 13 Januari. Tetapi Senat Demokrat akan membutuhkan dukungan dari 17 anggota Partai Republik untuk menghukumnya di majelis yang terbagi secara merata, kenaikan tajam mengingat kesetiaan yang berkelanjutan kepada Trump di antara basis konservatif Partai Republik.

Presiden Joe Biden mengatakan pada hari Senin bahwa dia tidak yakin akan ada cukup suara untuk menghukum Trump, menurut CNN, mengutip wawancara singkat dengan Presiden baru tersebut.

iran interpol donald trump

Lebih dari 30 anggota Demokrat hadir untuk mendengarkan pernyataan Raskin, tetapi hanya tiga dari Partai Republik: pemimpin partai Senat Mitch McConnell, Senator Mitt Romney dan Senator Roger Marshall, yang baru saja terpilih pada bulan November.

Polisi Capitol tersebar di sepanjang rute anggota parlemen dari DPR ke Senat, dan keamanan di sekitar Capitol tetap ketat, dengan jalan ditutup dan pagar kawat berduri. Banyak dari pasukan Garda Nasional yang dikerahkan setelah 6 Januari dipulangkan, tetapi ribuan masih bertahan.

donald trump

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA