Iklan
Iklan

Dikabarkan 35 Juta Data Pelanggan MyIndiHome Bocor, Ini Faktanya.

- Advertisement -
35 juta data pelanggan myIndiHome dikabarkan bocor. Terkait hal ini PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. buka suara soal dugaan kebocoran ini.

Pihak PT Telkom Indonesia menyatakan, kabar tentang 35 juta data pelanggan myIndiHome bocor adalah tidak benar. Hal ini ditegaskan oleh Associate Vice President External Corporate Communications PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Sabri Rasyid.

Sabri Rasyid menjelaskan berdasarkan hasil investigasi hingga saat ini data myIndoHome aman dan tidak ada serangan malware atau serangan ke server Telkom.

“Semua data customer tersimpan aman di dua server yang berbeda,” ujarnya, Senin, 3 Juli 2023.

Sabri juga mengatakan sebagai perusahaan terbuka dual listing, Telkom mematuhi etika bisnis, compliance, dan tata kelola perusahaan sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

Menurut Sabri, Telkom ke depan berkomitmen untuk menjamin keamanan data pelanggan dengan manajemen dan sistem kemanan siber yang terintegrasi dan menjadikan hal tersebut sebagai prioritas utama.

Selain itu, Telkom juga tidak pernah mengambil keuntungan komersial apalagi memperjualbelikan data pribadi pelanggan.

“Kami akan terus berupaya meningkatkan pengamanan data pelanggan demi meningkatkan kenyamanan pelanggan,” ungkap Sabri.

Sebelumnya, informasi kebocoran data myIndiHome itu diungkap oleh praktisi keamanan siber Teguh Aprianto yang mengunggah cuitan di Twitter dengan tampilan gambar tangkapan layar situs web bjorka.ai yang menjual data tersebut.

“Kemarin data browsing history pengguna yang bocor, sekarang giliran data pengguna di myIndihome juga bocor sebanyak 35 juta data,” cuit Teguh dikutip Senin, 3 Juli 2023.

Adapun data yang bocor, Teguh melanjutkan, di antaranya email, nomor handphone, nomor IndiHome, nomor induk kependudukan (NIK), alamat IP, dan lainnya.

“Pelaku juga mengklaim memiliki akses ke server milik @TelkomIndonesia,” kata Teguh. Selain itu, sampel dari data tersebut juga dilampirkan.

Menurut Teguh, jika dilihat dari data sampelnya sebanyak 10.050, isinya kemungkinan log activity atau transaksi di myIndiHome. Dari 10.050 data saja banyak duplikat dan setelah difilter tersisa hanya 3.507 data.

“Jadi 35 juta data itu kemungkinan kumpulan dari semua activity atau transaksi di myIndiHome,” ucap Teguh.

Dalam website bjorka.ai, 35 juta data myIndiHome itu dijual seharga US$ 5.000 atau setara Rp 75,14 juta dengan kurs Rp 15.028. Selain itu, ada pula informasi file mengenai data tersebut, mulai dari jumlah kapasitas data uncompressed 55 GB dan compressed 7 GB, dengan total data 35.900.002, diambil Juni 2023, format CSV, dan negara Indonesia.

“Sebelumnya saya sudah pernah berbagi tentang riwayat browsing pengguna IndiHome. Sekarang saya akan membagikan database informasi pribadi pengguna myIndiHome. MyIndihome adalah aplikasi yang dibuat oleh Telkom Indonesia untuk pengguna IndiHome,” tertulis dalam keterangan Bjorka.

Bjorka juga mengaku menjual akses ke server database internal Telkom Indonesia. “Di mana mereka menyimpan banyak data layanan mereka dan juga layanan klien mereka sendiri. Akan segera diulas lebih lanjut tentang #TelkomIndonesiaOperation,” ujar Bjorka.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA