Iklan
Iklan

Diprediksi Gempa Dahsyat 8 Magnitudo akan Mengguncang Indonesia, Peneliti: Ini Peringatan!

- Advertisement -
Indonesia diprediksi akan mengalami gempa dahsyat 8 magnitudo. Hal ini disampaikan oleh Frank Hoogerbeets seorang peneliti yang sebelumnya membuat heboh karena berhasil memprediksi gempa Turki.

Frank Hoogerbeets, kembali memberikan prediksi ilmiahnya dan mengingatkan jika Indonesia berpotensi ditimpa gempa dahsyat hingga 8 magnitudo.

Melalui tayangan video di akun Youtube SSGEOS pada Selasa (27/2/2023), Frank memprediksi gempa dahsyat akan terjadi di Indonesia Tengah dan Timur dalam waktu dekat.

Frank Hoogerbeets memprediksi wilayah Indonesia yang rawan diguncang gempa bumi besar yakni Sulawesi, Halmahera, dan Laut Banda.

SSGEOS memiliki pendekatan berbeda dalam meneliti kegempaan. Jika kebanyakan peneliti memprediksi gempa dari kerak atau patahan bumi, mereka justru membuat ramalan berdasarkan gerak benda langit.

Kata Frank, Maret 2023 sebagai bulan yang kritis. Dia mengatakan, bakal ada “konvergensi geometer” planet yang kritis sekitar 2 hingga 5 Maret.

Hal itu diduga akan mengakibatkan aktivitas seismik besar hingga sangat besar, bahkan mendorong gempa sekitar 3 dan 4 Maret atau 6 dan 7 Maret.

Dia kemudian menyebut, wilayah RI merupakan dampak dari konvergensi itu.

Menurutnya wilayah yang terkena dampak berada di semenanjung Kamchatka dan Kepulauan Kiril, Rusia lalu ke Filipina dan Indonesia.

Terlihat pula dalam penjelasannya peta bumi dengan garis ungu, tanda di mana gema kemungkinan terjadi.

Gambar jangkauan gempa itu juga memperlihatkan Kepulauan Sunda Kecil seperti Bali, NTB, dan NTT. Namun, Frank menegaskan bahwa informasi ini diberikannya hanya sebagai peringatan bukan untuk menakut-nakuti.

Maka dari itu, Frank pun berharap warga yang hidup di atas tanah rawan gempa selalu membuat rencana kegempaan ada atau tidaknya ramalan tersebut.

Misalnya saja dengan segera keluar rumah apabila bumi yang dipijak terasa bergerak.

Sebelumnya diketahui cuitan seorang peneliti bumi viral usai berhasil mendeteksi gempa bumi di Turki hanya selang tiga hari sebelum peristiwa terjadi.

Peneliti yang berhasil mendeteksi potensi gempa Tukri itu bernama Frank Hoogerbeets. Di akun twitternya, Frank sebelumnya mengungkapkan potensi gempa besar yang akan melanda negara yang terletak di dua benua tersebut.

Uniknya, potensi gempa besar itu diungkapkan Frank hanya selang tiga hari sebelum bencana besar itu terjadi tepatnya pada Jumat (3/2/2023).

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA