Iklan
Iklan

‘Doctor Cha’ Ramai Dikomplain, Komisi Penyiaran Korea Buka Suara Usai Terima Pengaduan

- Advertisement -
Doctor Cha” kini sedang dibanjiri komplain penonton. Komplain itu muncul karena drama Netflix itu menggambarkan penyakit Crohn sebagai “penyakit jahat”, yang bisa memberikan persepsi yang menyimpang bagi penonton.

Komisi Penyiaran Korea pun buka suara usai menerima puluhan pengaduan dari para penonton. “43 pengaduan telah diterima terkait episode ketujuh ‘Doctor Cha’. Kami sedang meninjau konten terkait,” ungkap pejabat terkait.

Adegan yang dikeluhkan penonton memperlihatkan pasien penyakit Crohn yang menjadi pesimis tentang kehidupan dan menulis surat perpisahan sebelum naik ke atap. “Doctor Cha” juga menggambarkan penyakit Crohn sebagai penyakit yang membuat sulit menjalani kehidupan sosial yang normal.

Ada juga dialog kasar di mana ayah mertua mengunjungi menantu laki-lakinya yang menderita penyakit Crohn. “Bagaimana kamu bisa menyembunyikan penyakit mengerikan ini dan menikah? Jika itu turun-temurun, maka kamu harus menyerah pada pernikahan,” ungkap sang ayah mertua.

Penyakit Crohn sebenarnya adalah penyakit langka yang menyebabkan bisul terbentuk di seluruh tubuh karena melemahnya sistem kekebalan di usus. Meskipun merupakan penyakit kronis yang memerlukan penanganan pada saluran usus, jika ditangani sejak dini, gejalanya bisa diperbaiki dan komplikasi bisa dicegah.

Meski pengobatannya tidak mudah dan tingkat kambuh tinggi, para ahli mengatakan bahwa pengendalian penyakit Crohn yang memadai bisa dimungkinkan melalui berbagai pengobatan.

Karena “Doctor Cha” bukan film dokumenter, cerita tentang pasien dalam drama mungkin telah dilebih-lebihkan sampai batas tertentu untuk menciptakan perkembangan yang dramatis, tetapi kalimat yang menyebutkan “penyakit jahat” dikomplain terlalu berlebihan.

Ada kemungkinan besar banyak pemirsa yang menonton “Doctor Cha” tanpa mengetahui informasi apa pun sebelumnya tentang penyakit tersebut. Oleh karena itu, pasien penyakit Crohn memposting keluhan mereka ke Komisi Standar Komunikasi Korea.

Karena komentar yang mengajukan keluhan terus meningkat, ada juga penonton yang menyerukan agar bagian konten yang kontroversial dihapus dari tayangan ulang “Doctor Cha” dan sumber lainnya.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA