Iklan
Iklan

Ekuador Dilanda Konflik Bersenjata Internal, Kelompok Kriminal Diceruk!

- Advertisement -
Presiden Ekuador, Daniel Noboa, telah menyatakan “konflik bersenjata internal” di negara itu, memerintahkan pasukan keamanan untuk “menetralkan” beberapa kelompok kriminal yang dituduh menyebarkan kekerasan ekstrem di negara tersebut.

Dekrit tersebut dikeluarkan segera setelah para pria berkerudung dan bersenjata menyela siaran langsung televisi – salah satu dari beberapa insiden kekerasan yang terjadi di seluruh negeri pada hari Selasa.

Warga Ekuador terkejut menyaksikan pengambilalihan siaran langsung TC Television dari kota pesisir Guayaquil. Video media sosial menunjukkan para penyerang memaksa staf jaringan milik negara itu ke lantai studio saat tembakan dan teriakan terdengar di latar belakang.

Polisi Ekuador kemudian mengatakan mereka telah menangkap semua pria bersenjata, anggota media telah dievakuasi, dan semua staf dan sandera masih hidup.

Setidaknya empat senjata api, dua granat, dan “bahan peledak” ditemukan dan 13 orang ditangkap, kata César Zapata, Panglima Jenderal Kepolisian Nasional. Pelaku akan diadili atas “aksi terorisme” mereka, tambahnya.

ekuador

Pembawa acara TC Television, Jorge Rendon, menggambarkan pengambilalihan siaran tersebut sebagai “serangan yang sangat brutal.”

“Mereka ingin masuk studio agar kami bisa mengatakan apa yang mereka inginkan, saya kira pesan mereka,” kenang Rendon dalam sebuah video di akun resmi X TC Television. Rendon mengatakan dia mengetahui satu orang tertembak dan satu lagi terluka oleh penyerang. Polisi belum mengkonfirmasi cedera tersebut.

Situasi ini telah memicu ketakutan di antara banyak warga Ekuador. Seorang wanita, yang tinggal di luar Guayaquil dan disuruh pulang lebih awal oleh bosnya, menggambarkan lalu lintas yang kacau dalam perjalanan pulang. “Mobil melaju ke arah yang salah; semua orang hanya mencoba melewatinya,” katanya.

“Bagian yang paling menakutkan adalah melihat keputusasaan, melihat bisnis tutup, orang-orang putus asa, termasuk anak-anak dan wanita, berlari panik di jalan yang hanya diperuntukkan bagi mobil.”

Negara itu telah diguncang oleh ledakan, penculikan polisi, dan kerusuhan penjara sejak Noboa pada Senin mengumumkan keadaan darurat nasional setelah pemimpin geng terkenal Adolfo “Fito” Macias melarikan diri dari penjara di Guayaquil.

Delapan orang tewas di Guayaquil pada hari Selasa, menurut polisi setempat. Dua petugas polisi juga tewas di kota Nobol yang berdekatan, kata Kepolisian Nasional X.

Sementara itu, 10 orang ditangkap setelah tiga petugas polisi yang diculik dibebaskan di kota Machala di barat daya, Kepolisian Nasional mengatakan Selasa malam. Sebelumnya, polisi mengatakan setidaknya tujuh petugas telah diculik di tiga kota sejak keadaan darurat diumumkan.

Ekuador sedang “menjalani mimpi buruk yang nyata,” kata mantan Presiden Rafael Correa dalam sebuah video yang dibagikan di X Selasa. Situasi ini adalah “hasil dari penghancuran sistematis supremasi hukum, dari kesalahan kebencian yang terakumulasi selama tujuh tahun terakhir,” klaimnya.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA