Beranda TEKNOLOGI Elon Musk Luncurkan 3 Warna Centang Baru di Twitter, Ini Bedanya

Elon Musk Luncurkan 3 Warna Centang Baru di Twitter, Ini Bedanya

centang baru
Foto: nasabamedia
Elon Musk, pemilik baru Twitter, mengatakan akan mengembalikan program centang baru di media sosialnya pada akhir pekan ini. Pembaruan proses verifikasi akun ini akan menghadirkan warna centang baru selain biru, yakni emas dan abu-abu.

Lalu, apa bedanya centang baru biru, emas, dan abu-abu?

Berdasarkan penjelasan Musk lewat cuitan di akun Twitter miliknya, warna biru ditujukan untuk akun yang mempresentasikan individu. Sedangkan centang emas untuk akun milik perusahaan dan centang abu-abu untuk akun yang dikendalikan oleh pemerintah.

Centang emas untuk perusahaan, centang abu-abu untuk pemerintah, (centang) biru untuk individu (selebritas atau bukan) dan semua akun terverifikasi akan diautentikasi secara manual sebelum centang diaktifkan. Menyakitkan, tapi perlu, Elon Musk.

Ide warna berbeda untuk tanda centang baru di akun sempat diungkap Musk pada beberapa hari yang lalu. Ia mengatakan Twitter mungkin akan menggunakan warna lain untuk akun milik organisasi, berbeda dengan akun individu.

“Semua individu manusia yang terverifikasi akan memiliki centang biru yang sama, karena batas dari apa yang dianggap ‘terkemuka’ terlalu subyektif,” katanya dikutip dari kumparan. “Individu dapat memiliki logo kecil sekunder yang menunjukkan bahwa mereka milik suatu organisasi jika diverifikasi oleh organisasi tersebut.”

CEO Twitter itu mengatakan bakal menjelaskan detail yang lebih panjang tentang bagaimana prosedur baru verifikasi akun akan bekerja di beberapa kesempatan pada pekan ini.

Sebelumnya, Musk menghentikan sementara layanan premium Twitter Blue seharga 8 dolar AS atau sekitar Rp 125 ribu per bulan pada Jumat (11/11). Layanan tersebut memungkinkan pelanggan mendapatkan tanda centang biru di akunnya.

Penyetopan Twitter Blue dilakukan setelah banyak akun palsu bercentang biru yang menyamar sebagai brand, atlet, hingga politikus populer di media sosial. Padahal layanan berbayar itu mulai melakukan pembaruan per Rabu (9/11) lalu, dengan harga dan aturan baru.

Setelah melalui perbaikan, program tanda centang akun Twitter dengan prosedur baru untuk memverifikasi identitas individu akan kembali pada Jumat, 2 Desember 2022 mendatang. Tanda centang akan diperluas dengan warna tambahan: Emas dan abu-abu.

Facebook Comments

Artikulli paraprakBerakhir Damai, Kasus Pemukulan Petugas SPBU Perempuan di Tangerang
Artikulli tjetërPelaku Pencopotan Label Gereja di Tenda Pengungsi Gempa Cianjur Diamankan