Es Cendol di Padang Diduga Mengandung Bahan Berbahaya

es cendol
Ilustrasi
Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Padang menemukan adanya dugaan es cendol yang mengandung bahan berbahaya rhodamin B. Temuan ini didapat dari pengawasan yang dilakukan di Pasar Bandar Buat, Kota Padang.

Dari 14 sampel jajanan takjil yang diambil, terdapat dua es cendol yang positif bahan berbahaya tersebut. Hasil ini baru tes cepat yang dilakukan petugas.

“Ini hasil tes cepat. Tapi dipastikan dengan uji di laboratorium nanti. Tapi yang dua itu tetap dilakukan penelusuran. Berdasarkan informasi, penjual di pasar itu juga, tapi kami telusuri nanti,” kata Kepala BBPOM Padang, Firdaus Umar, Jumat (23/4/2021).

Es cendol mengandung rhodamin B ini didapat dari dua orang pedagang. Firdaus menegaskan, pihaknya akan menelusuri apakah ini disengaja atau pedagang tersebut juga dapat dari seseorang.

“Selama pengawasan (Bulan Ramadhan), ini baru pertama ditemukan. Kami telusuri dan akan diputus rantai bahan berbahaya ini. Nanti kita lihat apakah ada unsur kesengajaan atau dapat ditempat yang lain,” tegasnya.

Rhodamin B merupakan bahan berbahaya yang biasa sebagai pewarna tekstil. Memang bahan ini sering kali dimanfaatkan oleh oknum yang bertanggung jawab dengan mencampurkan ke menu makanan atau pun minuman.(Kay)

Sumber: Langgam.id

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments