Iklan
Iklan

Facebook Izinkan Posting Kekerasan yang Terjadi Akibat Invasi Rusia di Ukraina

- Advertisement -
Perusahaan induk Facebook dan Instagram, Meta Platforms, melonggarkan kebijakannya terkait kekerasan yang terjadi akibat invasi Rusia ke Ukraina. Platform ini juga mengatakan akan mengizinkan pernyataan seperti “mati bagi penjajah Rusia” namun tidak ancaman yang kredibel terhadap warga sipil.

Kebijakan Facebook tersebut disambut dengan kontroversi. Kedutaan Rusia di Amerika Serikat pada hari Jumat menuntut agar Washington menghentikan “kegiatan ekstremis” pemilik Facebook.

“Kebijakan Meta yang agresif dan kriminal yang mengarah pada hasutan kebencian dan permusuhan terhadap Rusia sangat keterlaluan,” ujar kedutaan dalam sebuah pernyataan.

“Tindakan perusahaan adalah bukti lain dari perang informasi tanpa aturan yang diumumkan di negara kita.”

Facebook, bagaimanapun, membela keputusan kebijakannya. “Sebagai akibat dari invasi Rusia ke Ukraina, kami untuk sementara mengizinkan bentuk ekspresi politik yang biasanya melanggar aturan kami seperti pidato kekerasan seperti ‘kematian bagi penjajah Rusia,'” dalam sebuah pernyataan.

“Kami masih tidak akan mengizinkan seruan yang kredibel untuk melakukan kekerasan terhadap warga sipil Rusia,” imbuhnya.

Pernyataan Meta tersebut seperti dilaporkan kantor berita Reuters, bahwa kebijakan itu berlaku untuk Armenia, Azerbaijan, Estonia, Georgia, Hongaria, Latvia, Lithuania, Polandia, Rumania, Rusia, Slovakia dan Ukraina.

Perusahaan tidak membalas permintaan yang meminta konfirmasi batas-batas geografis kebijakan tersebut.

Meta, yang kini memiliki miliaran pengguna secara global di seluruh platformnya, sebelumnya telah berjuang dengan apa yang memungkinkan orang untuk memposting di saat-saat pergolakan.

Pada Juli 2021, perusahaan tersebut untuk sementara mengizinkan posting yang menyerukan “kematian bagi Khamenei”, mengacu pada Pemimpin Tertinggi Iran Ali Hosseini Khamenei, selama protes yang mengguncang negara itu.

Platform teknologi harus menavigasi banyak masalah pelik yang terkait dengan perang di Ukraina, seperti ketika Senator AS Lindsey Graham menyerukan pembunuhan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam wawancara yang disiarkan televisi dan di Twitter.

“Satu-satunya cara untuk mengakhiri ini adalah seseorang di Rusia mengeluarkan orang ini,” kata tweet Graham dari 3 Maret, yang belum dihapus oleh Twitter.

“Kebijakan tersebut berkaitan dengan seruan untuk melakukan kekerasan terhadap tentara Rusia,” kata Emerson Brooking, pakar disinformasi di Laboratorium Penelitian Forensik Digital Dewan Atlantik.

“Seruan untuk kekerasan di sini, juga merupakan seruan untuk perlawanan karena Ukraina menolak invasi dengan kekerasan,” imbuhnya.

Namun, beberapa menyatakan keprihatinan yang mendalam, termasuk profesor Universitas Lehigh Jeremy Littau, yang menulis di Twitter: “‘Kami tidak mengizinkan ujaran kebencian kecuali terhadap orang-orang tertentu dari negara tertentu’ ujarnya.

Facebook dan raksasa teknologi AS lainnya telah bergerak untuk menghukum Rusia atas invasi ke Ukraina. Apple dan Microsoft telah mengumumkan bahwa mereka menghentikan penjualan produk mereka di Rusia, sementara perusahaan lain telah mengumumkan “jeda” aktivitas atau ikatan bisnis tertentu.

 

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA