Iklan
Iklan

Fakta Persidangan Keterlibatan Ipar Jokowi pada Proyek Jalur Kereta Api Titipan Menhub

- Advertisement -
Fakta persidangan tentang dugaan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menitipkan kontraktor di proyek jalur kereta api, kini tengah didalami oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Fakta-fakta persidangan teman-teman sudah mengikutinya, banyak fakta menarik yang pasti kami akan dalami,” ujar Juru Bicara KPK Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (8/7).

Ali Fikri juga menyampaikan pihaknya sudah pernah memeriksa Menhub Budi Karya sebagai saksi dalam kasus dugaan suap proyek jalur kereta api.

KPK kemudian akan mencocokkan keterangan Budi Karya saat itu dengan penjelasan dari saksi lainnya untuk melakukan pendalaman.

“Nanti membentuk suatu fakta, apakah bisa ditindaklanjuti proses penyidikan atau persidangan. Yang pasti jaksa KPK akan memanggil saksi-saksi yang lainnya untuk mendukung pembuktian sebagaimana surat dakwaan termasuk fakta-fakta berkembang proses persidangan,” ujar Ali Fikri.

Ali Fikri mengajak masyarakat untuk terus memantau perkembangan mengenai kasus tersebut yang kini tengah berjalan di persidangan. Hal itu supaya publik bisa menjalankan kontrol atas proses hukum yang tengah berlangsung.

“Bila ada keterlibatan pihak lain dengan kecukupan alat bukti yang ada, pasti akan kembangkan penyidikan,” kata Ali Fikri.

Seperti diketahui, pejabat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Harno Trimadi mengungkapkan bahwa Menhub Budi Karya Sumadi banyak menitipkan kontraktor untuk mengerjakan proyek pembangunan maupun peningkatan jalur kereta api di sejumlah daerah.

Menurut dia, titipan itu ialah ipar Jokowi, pengusaha Billy Haryanto alias Billy Beras, dan anggota DPR RI.

Hal tersebut disampaikan Harno Trimadi saat menjadi saksi dalam sidang dugaan suap pejabat Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan di Pengadilan Tipikor Semarang, Kamis (3/7). Harno menjadi saksi untuk terdakwa Direktur PT Istana Putra Agung Dion Renato Sugiarto.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA