Iklan
Iklan

Francesco Bagnaia Hentikan 15 Tahun Puasa Gelar Ducati

- Advertisement -
Akhirnya Francesco Bagnaia hentikan 15 tahun puasa gelar Ducati di MotoGP. Dia menjadi rider tim Ducati pertama yang memenangkan kejuaraan dunia dalam 15 tahun terakhir.

Francesco Bagnaia memastikan diri sebagai juara dunia MotoGP 2022 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (6/11/2022). Rider Italia itu finis di posisi sembilan dan berhak atas tujuh poin.

Tambahan tujuh angka itu cukup bagi Bagnaia menjadi kampiun musim ini. Dia memuncaki klasemen akhir MotoGP 2022 dengan 265 poin.

Perolehan poin Francesco Bagnaia mengungguli juara dunia MotoGP 2021, Fabio Quartararo. El Diablo menjadi runner-up dengan 248 poin.

Ini juga menjadi gelar juara dunia pertama Bagnaia sepanjang kariernya di kelas primer MotoGP. Dia menjadi rider kedua Ducati yang berhasil merengkuh titel jawara.

Bagnaia menyamai prestasi emas yang sebelumnya hanya dimiliki Casey Stoner. Kuri-Kuri Boy menjadi rider Ducati pertama yang menyabet gelar juara dunia MotoGP pada 2007.

Bagnaia juga berhasil memutus dominasi pebalap-pebalap Spanyol di MotoGP selama hampir satu dekade terakhir. Dia merupakan pebalap Italia pertama yang menjadi juara dunia setelah mentornya, Valentino Rossi, pada 2009.

Hebatnya, Bagnaia menjadi juara dengan motor keluaran tanah kelahirannya sendiri, Italia. FB63 mengikuti jejak Giacomo Agostini sebagai Italiano yang juara dunia dengan motor pabrikan Italia.

Agostini saat itu menjadi juara bersama MV Agusta pada 1972. Prestasi emas bagi Italia itu baru bisa dipecahkan Bagnaia dan Ducati 50 tahun kemudian.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA