Iklan
Iklan

Gol Ivar Jenner dan Arhan Bawa Timnas Indonesia Lolos ke Putaran Final Piala Asia U-23

- Advertisement -
Gol Ivar Jenner dan Arhan Pratama ke gawang Turkmenistan memastikan langkah Timnas Indonesia U23 melaju ke putaran final Piala Asia U-23 2024.

Timnas Indonesia U23 berhasil mengalahkan Turkmenistan 2-0 pada pertandingan terakhir Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (12/9/2023).

Pada awal babak pertama atau tepatnya pada detik ke-40 bek Timnas Indonesia U-23 Elkan Baggott melakukan kesalahan passing di lini belakang yang mengarah ke pemain depan Turkmenistan Priyev Ruslan. Untung saja tembakan Ruslan masih dapat ditangkap kiper Indonesia Ernando Ari.

Pada menit ke-10 Timnas Indonesia U-23 sebenarnya mampu membobol gawang Turkmenistan lewat sontekan Hokky Caraka usai meneruskan umpan Pratama Arhan dari sisi kiri.

Namun gol tersebut dianulir wasit Kim Dae Yong dari Korea Selatan karena Arhan lebih dulu dianggap terjebak offside. Padahal dari tayangan ulang terlihat Arhan dalam posisi onside.

Di menit ke-23 lemparan ke dalam Arhan juga mampu menciptakan peluang untuk Indonesia. Lemparan Arhan ke jantung pertahanan Turkmenistan dapat disundul Elkan Baggott. Sundulan Baggott kemudian dapat diteruskan tembakan voli Rafael Struick, namun tendangannya dapat diblok kiper Turkmenistan.

Pada menit ke-29 lewat skema lemparan ke dalam Arhan yang sama menghasilkan peluang untuk Struick. Sayangnya tembakan Struick masih bisa diblok barisan pertahanan Turkmenistan.

Barulah di menit ke-39 akhirnya Indonesia mampu memecah kebuntuan lewat gol Ivar Jenner lewat tembakan keras dari luar kotak penalti Turkmenistan usai meneruskan umpan Arkhan Fikri.

Bola tembakan Jenner sempat membentur kepala pemain belakang Turkmenistan Oraz Orazov sehingga berubah arah yang membuat kiper lawan kesulitan untuk membendung bola tersebut.

Hingga pertandingan berakhir tak ada gol tambahan yang tercipta. Indonesia unggul 1-0 atas Turkmenistan di babak pertama.

Di awal babak kedua, Indonesia tampil lebih kuat dalam penguasaan bola. Pada menit ke-54 Timnas Indonesia U-23 mampu mengancam gawang Turkmenistan lewat sundulan Rio Fahmi yang membentur mistar usai meneruskan umpan tendangan bebas Ivar Jenner.

Pada menit ke-58 Marselino Ferdinan sempat mendapatkan tekel keras dari pemain Turkmenistan Umarov Salim hingga membuat pemain Indonesia itu harus meringis kesakitan. Wasit pun memberikan kartu kuning untuk Umarov Salim.

Di menit ke-69, lagi-lagi lemparan ke dalam Arhan dapat disundul Baggott yang mengarah kepada Rafael Struick. Sayangnya, tembakan Struick masih bisa diblok kiper Turkmenistan.

Pada menit ke-70 Shin Tae Yong memasukkan Witan Sulaeman menggantikan Hokky Caraka.

Di menit ke-71, Timnas Indonesia mendapatkan peluang emas lewat Witan Sulaeman yang berhasil memblok tendangan kiper Turkmenistan yang melakukan blunder saat akan melakukan tendangan di depan gawang. Namun, sayangnya tendangan kiper Turkmenistan itu mengenai tangan Witan.

Pada menit ke-75 Shin Tae Yong memasukkan Muhammad Ramadhan Sananta menggantikan Marselino Ferdinan.

Di menit ke-85 Arkhan Fikri melakukan kontrol bola yang begitu luar biasa di sudut kiri pertahanan Turkmenistan.

Pada menit ke-89 tembakan Arkhan Fikri mampu mengancam gawang Turkmenistan tapi masih dapat ditangkap kiper lawan.

Di menit ke-90+2 Indonesia berhasil menambah keunggulan menjadi 2-0 lewat sundulan Pratama Arhan usai meneruskan umpan Muhammad Rayhan Hannan.

Hingga pertandingan berakhir tak ada gol tambahan yang tercipta. Indonesia menang 2-0 atas Turkmenistan.

Kemenangan ini membuat Indonesia finis di posisi puncak klasemen Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Indonesia juga sekaligus lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 yang akan digelar April tahun depan dengan status sebagai juara Grup K.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA